Pencarian populer

Suasana Hangat Peringatan Nuzulul Quran di KBRI Bangkok

Suasana Nuzulul Qur'an 2018 di KBRI Bangkok. (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

Sekitar 600 orang warga negara Indonesia (WNI) di Bangkok, Thailand, menggelar acara peringatan Nuzulul Quran Tahun 2018 di Sport Hall KBRI Bangkok, Sabtu (2/6). Acara ini diikuti oleh staf KBRI Bangkok, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP), guru dan siswa Sekolah Indonesia Bangkok, serta masyarakat yang tinggal di ibu kota Thailand itu.

Dalam keterangan pers yang diterima kumparan dari KBRI Bangkok, Senin (4/6), peringatan Nuzulul Qur'an 2018 bertemakan 'Melalui Peringatan Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan 1439 Hijriyah, Kita Bangun Generasi yang Rabbani'.

Rangkaian peringatan diawali dengan kultum yang diberikan oleh ustaz Doni Putra, seorang da'i dari Dompet Dhuafa, sebelum berbuka puasa. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama, salat Magrib dan Tarawih berjamaah yang dipimpin oleh imam salat Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok.

Suasana Nuzulul Qur'an 2018 di KBRI Bangkok. (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

"Acara kemudian dilanjutkan dengan Peringatan Nuzulul Quran Tahun 2018 yang terdiri dari pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibacakan Koko Iwan Agus Kurniawan, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Universitas Kasetsart, Bangkok," tulisnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat mengambil hikmah dari peringatan Nuzulul Quran. Hikmah yang diambil dengan memahami isi Al-Quran dalam kehidupan bermasyarakat maupun bekal di akhirat.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Dr. H. Barsihannor M.A., yang ikut memberikan ceramah juga memberikan pesan pentingnya meneladani Al-Quran agar bisa membedakan mana yang benar dan salah.

Dr. H. Barsihannor M.A di KBRI Bangkok. (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

"Disampaikan bahwa Al-Quran mengajarkan manusia untuk menjalankan kefitrahannya, dan hendaknya diteladani serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan menjaga persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat, serta berbangsa dan negara," lanjutnya.

Peringatan Nuzulul Quran ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan KBRI Bangkok tiap bulan Ramadhan. Acara ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan forum untuk beribadah, yang selalu dihadiri oleh WNI yang tinggal di Bangkok dan sekitarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23