Pencarian populer

Sudah Diresmikan, MRT Tetap Gratis Sampai Tarif Diketok DPRD

Kereta MRT memasuki Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (12/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta masih belum menentukan besaran tarif untuk penggunaan Moda Raya Terpadu (MRT). Namun, transportasi massal itu dipastikan bakal tetap beroperasi.

Sekretaris Perusahaan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Muhamad Kamaluddin, mengatakan Ratangga (nama rangkaian kereta MRT) bakal terus beroperasi sembari menunggu keputusan tarif yang ditetapkan di DPRD DKI.

"Besok (25/3) tetap gratis. Disarankan (masyarakat) tetap mendaftar," kata Kamaluddin, Minggu (24/3).

"Kami akan dengarkan hasil dari Rapimgab di DPRD," sambungnya.

Kamaluddin menjelaskan, mulai Senin (25/3), MRT sudah beroperasi lebih lama yakni sejak pukul 05.30 WIB hingga 22.30 WIB. Masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi ini tetap mendaftar lewat ayocobamrt.com.

"Sekarang sangat mudah. Kalau dulu daftarnya harus memilih stasiun, tanggal, dibatasi satu orang satu tiket. Sekarang sehari satu orang itu bisa bolak-balik. Bisa lebih banyak booking-nya di stasiun bisa langsung tunjukkan buktinya," jelas Kamaluddin.

Penggratisan tarif MRT setelah diresmikan Presiden Jokowi ini direncanakan berlangsung hingga satu pekan setelahnya. Namun, jika keputusan dari rapat di DPRD DKI untuk segera menerapkan tarif, PT MRT Jakarta mengaku siap.

"Kapan arahan efektif, kami akan terapkan," ujar Kamaludin.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan sudah ada persetujuan tarif dengan DPRD DKI. Hanya saja, ia tidak mau membocorkannya sebelum diketok secara resmi.

“(Tarif) Nanti diumumkan. Kenapa saya tidak memberitahukan sekarang? Meskipun sudah disepakati, tapi belum diketok. Kesepakatannya sudah, nanti diketoknya hari Senin. Adabnya, etikanya ya diumumkan sesudah ditetapkan,” kata Anies di Bundaran HI, Jakarta, Minggu, (24/3).

“Jadi saya ada tabelnya (harga) di kantong saya sekarang. Tabelnya ada dari setiap stasiun ada, tapi saya ingin jaga. Etikanya diumumkannya hari Senin,” tambahnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23