kumparan
21 Mar 2019 11:00 WIB

Survei Kompas: 41,7% Kader Golkar Dukung Prabowo - Sandi

Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden pemilihan umum tahun 2019 di KPU. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Loyalitas kader menjadi salah satu mesin partai politik (parpol) dalam mendongkrak suara pasangan capres-cawapres yang diusung. Apalagi, pileg dan pilpres kali ini digelar serentak. Namun, terkadang loyalitas kader tak sejalan dengan pilihan politik partai di Pilpres 2019.
ADVERTISEMENT
Hal ini dapat dilihat dari data survei Litbang Kompas, Maret 2019. Kader dari parpol pengusung paslon nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin masih banyak yang loyal ke paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.
Survei Kompas soal Elektabilitas Parpol. Foto: Dok. Kompas
Partai Golkar memiliki kader terbanyak yang mendukung Prabowo - Sandi. Padahal, Golkar menjadi salah satu parpol besar yang mengusung Jokowi - Ma'ruf.
Sebanyak 41,7 persen kader Golkar mendukung Prabowo - Sandi, sementara kader yang masih mendukung Jokowi - Ma'ruf sekitar 55,1 persen.
Partai Golkar dan Prabowo - Sandi. Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan dan Antara/Sigid Kurniawan
Partai Hanura menduduki posisi kedua. Sebanyak 38,9 persen kader Hanura membelot ke Prabowo - Sandi, sementara 61,1 persen mendukung Jokowi - Ma'ruf.
Posisi ketiga ditempati PKB. Sebanyak 30,1 persen kader PKB mendukung Prabowo - Sandi. Namun loyalitas kader yang mendukung Jokowi - Ma'ruf tetap tinggi sekitar 65,4 persen. Disusul PPP, sebanyak 30,1 persen kader mendukung Prabowo - Sandi daripada Jokowi - Ma'ruf yang mendapat dukungan 66,7 persen kader.
Paslon Capres - Cawapres Nomor 2, Prabowo dan Sandiaga Tiba di Monas Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan
Partai besutan Surya Paloh, NasDem, memiliki kader yang loyal ke Jokowi - Ma'ruf dengan angka yang cukup tinggi, sekitar 80,8 persen. Namun sebanyak 15,4 kader mendukung Prabowo - Sandi.
ADVERTISEMENT
Terakhir, PDIP sebagai parpol utama pendukung Jokowi - Ma'ruf masih memiliki banyak kader yang loyal, mencapai angka 95 persen. Sementara kader yang mendukung Prabowo - Sandi sangat kecil, sekitar 3 persen.
Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi. Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan