Pencarian populer

Syahbandar Imbau Kapal-kapal Jauhi Pipa Gas Bocor di Perairan Banten

Kebocoran pipa gas di perairan Banten. (Foto: dok. Istimewa)

Pipa gas milik China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) di lepas pantai Bojonegara, Serang, Banten mengalami kebocoran. Lewat Maklumat Syahbandar Nomor UM.003/2/19/UPP.Bjn-18, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bojonegara Kant Dicky mengimbau kapal-kapal menjauhi titik bocornya pipa.

Semburan pipa gas bawah laut itu dikabarkan sampai menyembur ke permukaan. Dicky meminta seluruh kapal yang melintas dan berada di sekitar lokasi bocornya pipa untuk meningkatkan kewaspadaan saat melaut.

"Diingatkan kepada para nakhoda/operator kapal yang sedang berlayar di Selat Sunda-Perairan Banten (Pulau Panjang-Bojonegara) untuk meningkatkan kewaspadaan sehubungan telah terjadi keocoran pipa pada posisi 05-55-052.S /106-07-075.E," kata Dicky lewat keterangannya, Senin (9/7).

"Bagi semua kapal-kapal yang melintas atau berlabuh di sekitar area tersebut harap berhati-hati dan menjaga jarak aman dengan radius 2-3 nm (nautical mile) dari area pipa gas yang bocor tersebut," tambahnya lagi.

Imbauan serupa juga sebelumnya disampaikan melalui Vessel Traffic Service (VTS) untuk semua kapal yang sedang berlayar di sekitar Perairan Banten lewat jaringan radio.

"Kepada semua kapal-kapal yang melintas atau berlabuh di sekitar area tersebut harap berhati-hati dan menjaga jarak aman dengan radius 2-3 nm, ulangi, menjaga jarak aman dengan radius 2-3 nm dari area pipa gas bocor," tulis siaran VTS Merak itu.

Akibat kebocoran ini, PLN sebagai konsumen gas dari CNOOC pun terkena imbas. Kebocoran pipa menganggu pasokan gas ke pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Cilegon yang berkapasitas 600 Megawatt (MW).

PLTGU Cilegon mendapatkan gas dari Blok South East Sumatera (SES) yang dikelola CNOOC dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Terhentinya suplai gas dari CNOOC menyebabkan 1 dari 2 mesin PLTGU berhenti beroperasi.

Informasi mengenai adanya kebocoran pipa gas di perairan Banten. (Foto: dok. Istimewa)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: