kumparan
17 Agu 2019 17:22 WIB

Tak Lagi Pakai Baju Adat, Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera

Presiden Joko Widodo turun ke lapangan saat Tulus menyanyikan lagu Manusia Kuat. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara penurunan bendera merah putih yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8).
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pantauan di lokasi, acara penurunan tersebut dimulai sejak pukul 17.00 WIB. Jokowi tak lagi memakai pakaian adat Bali. Dia tampak memakai setelah jas berwarna biru gelap.
Para tamu undangan pun sudah terlihat hadir seperti Wapres Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua MA Hatta Ali, mantan Ketua BPK Hadi Poernomo, Kapolri Tito Karnavian hingga Panglima TNI Hadi Tjahjanto.
Diketahui, pembawa bendera Merah Putih di Tim Putih dipercayakan kepada Aisyah Rahmawati, perwakilan dari Provinsi Bengkulu. Dara kelahiran Rena Panjang, 2 April 2003 ini merupakan putri dari pasangan Faturachman dan Suarni. Saat ini Aisyah menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Seluma.
Presiden Joko Widodo (tengah) turun ke lapangan saat Tulus menyanyikan lagu Manusia Kuat. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Sementara tiga orang dari Kelompok 8 pada upacara sore ini adalah Muhammad Fany Nur Wibowo dari Provinsi Jawa Tengah sebagai Komandan Kelompok 8, Bagas Satria Wijaya dari Provinsi Lampung sebagai pembentang bendera, dan Zaini Fahmi dari Provinsi Kalimantan Tengah sebagai pengerek bendera.
ADVERTISEMENT
Dalam menjalankan tugasnya, Tim Putih akan dikomandoi oleh Kapten Marinir Gardika Pradibyo, S.S.T.Han. Pria kelahiran Jakarta, 14 Juni 1988 tersebut saat ini menjabat sebagai Komandan Kompi Beruang Batalyon Infanteri VII Marinir. Beliau merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 2011.
Bertindak selaku Komandan Upacara ialah Kolonel Pasukan Ahmad Sunawar Sholikul Qodri yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1997. Pria kelahiran Sragen, 3 Januari 1976, tersebut saat ini menjabat sebagai Asisten Operasi Kor Pasukan Khas Angkatan Udara.
Ada pun Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr. (Han). akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara sore ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989. Pria kelahiran Wajo, 3 Agustus 1964, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·