Pencarian populer

Tentara dan Pemberontak Kongo Dituding Lakukan Perkosaan dan Kanibal

Pengungsian di Kongo (Foto: AFP/John Wessels)

Pemberontak dan Militer Kongo dituding melakukan kekejaman terhadap warga sipil. Kekejaman tersebut termasuk perkosaan masal, kanibalisme, dan mutilasi.

Laporan disampaikan oleh Badan HAM PBB. Data itu dirilis usai Badan HAM PBB meneliti konflik di wilayah Kasai di Republik Demokratik Kongo.

Laporan yang berjumlah 126 halaman itu menyebut baik pemerintah dan pemberontak bertanggung jawab atas kejahatan HAM. Tindakan itu dilakukan setelah konflik di Kasai pecah 2016 lalu.

Mereka menyatakan kelompok yang melakukan kekejaman di antara pemeberontak Kamuina Nsapu, Bana Mara, dan Angkatan Bersenjata Kongo FADC.

Ilustrasi logo PBB (Foto: Reuters)

Dijelaskan Dewan HAM PBB, dari kesaksian beberapa warga Kongo, ada yang mengaku pernah disuruh memperkosa ibu kandungnya sendiri. Selain itu terdapat pula bukti bahwa tentara dan pemberontak pernah melakukan penipuan yang terkait dengan sihir kepada beberapa bocah.

"Ada satu korban memberi tahu kami pada Mei 2017 dia melihat sekelompok pemberontak Kamuina Nsapu, menjadikan kelamin wanita sebagai sebuah medali," sebut laporan tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/7).

"Beberapa saksi mata lain melihat mutilasi, lalu dagingnya dimasak, mereka pun memotong bagian vital sejumalah orang-orang yang masih hidup," sambung mereka.

Menanggapi pemberitaan tersebut Menteri HAM Kongo Marie-Ange Mushobekwa menyatakan harusnya laporan tersebut ditindak di Pengadilan bukan tersebar pada publik.

"Kami tidak menyadari adanya laporan aneh ini, tapi jelas ini ada motif politik," sebut Mushobekwa.

"Tapi kami pastikan, bagi setiap penegak hukum atau pasukan keamanan yang melakukannya akan mempertanggung jawabkan kejahatan ini dan akan dihukum berat," tutup dia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20