Pencarian populer

Tentara India Tembak Mati 3 Demonstran Kashmir

Tentara India Kashmir. (Foto: REUTERS/Danish Ismail)

Tentara India menembak mati tiga orang pengunjuk rasa di Kashmir tepatnya Selatan Kulgam pada Sabtu (7/7). Ketiga orang yang tewas tersebut merupakan dua orang laki-laki berusia 20 dan 22 tahun serta satu orang perempuan berusia 16 tahun.

“Ketiganya mengalami luka tembak dan meninggal setelah mereka tiba di rumah sakit,” kata dokter rumah sakit di sub-distrik Kulgam yang tidak mau disebutkan namanya.

Kepala Polisi S.P. Vaid turut mengkonfirmasi kejadian tersebut. Namun, ia enggan merinci lebih lanjut insiden berdarah itu.

Dilansir AFP, para saksi mata menuturkan tentara melepaskan tembakan setelah ratusan orang pengunjuk rasa marah serta melemparkan batu kebeberapa objek yang ada.

Ketegangan di Kashmir meningkat menjelang peringatan tewasnya Burhan Wani seorang pemimpin pemberontak yang tewas pada 8 Juli 2016 lalu. Burhan Wani merupakan komandan pemberontak yang sangat disegani.

Pembunuhan terhadap Burhan Wani dua tahun lalu memicu gelombang protes dari para demonstran. Setidaknya 100 nyawa warga sipil melayang dan ribuan lainnya terluka akibat aksi protes tersebut. Tahun 2017 juga tercatat menjadi tahun paling mematikan di kawasan tersebut selama satu dekade terakhir.

Seorang pemimpin separatis, Mirwaiz Umar Farooq secara terbuka mengatakan bahwa tentara keamanan sudah melakukan pembantaian terhadap pengunjuk rasa.

“Mereka menembak tanpa pandang bulu pada pengunjuk rasa,” katanya.

Untuk memperingati kematian Burhan Wani dan militan yang telah tewas, para pemimpin separatis telah meminta kepada pihak terkait untuk menutup kota pada Minggu (7/7).

Atas insiden penembakan yang terjadi, saat ini pihak berwenang memberlakukan jam malam di Kota Tral Wani. Selain pemberlakuan jam malam, pihak berwenang juga memotong arus internet di empat distrik. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kerusuhan baru pada hari Minggu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: