Pencarian populer

Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Solo Ternyata Eks Napiter

Rumah terduga teroris di Solo yang digeledah Densus 88. Foto: Dok. Istimewa
Densus 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris yang juga merupakan eks narapidana teroris di Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (16/8). Identitas yang ditangkap adalah Abdurrochim (31).
ADVERTISEMENT
Abdurrochim diduga terlibat jaringan dalam pembuatan paspor dan KTP palsu untuk kepentingan berangkat ke Suriah bergabung dengan ISIS. Selain menangkap Abdurrochim, Densus dibantu tim Polresta Surakarta juga menggeledah rumahnya.
Dari penggeledahan itu, Densus 88 mengamankan DVD, ponsel, kompas, flashdisk, MMC, baju bela diri, sangkur dan buku. Wakapolresta Solo AKBP Andy Rifai mengatakan saat ini Abdurrochim dibawa Densus ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut.
"Abdurrochim terlibat jaringan apa kurang tahu. Sebelumnya Abdurrochim juga pernah ditangkap Densus 88 di wilayah Kabupaten Sukoharjo," kata Andy.
Abdurrochim bukanlah orang baru dalam jaringan teroris di Indonesia. Pada tahun 2010, dia ditangkap Densus 88 dalam kasus terorisme. Pada saat itu, Abdurrochim masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di Sukoharjo.
ADVERTISEMENT
Abdurrochim pada saat itu ditangkap karena menyebarkan video pelatihan teroris di Aceh. Dia mendapatkan video itu dari temannya yang memberikannya compact disc.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86