Pencarian populer

Tim Jokowi Persiapkan Diri Hadapi Kemungkinan Gugatan Pemilu di MK

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto saat konfrensi pers terkait merespons berbagai isu jelang pelaksanaan Pileg/Pilpres di kantor pusat PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (16/4). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf akan mempersiapkan diri untuk menghadapi tuntutan hasil Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto menyebut, timnya akan menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk memenangkan gugatan yang mungkin dilakukan.

"Kita amankan setiap suara rakyat dengan seluruh dokumen autentik C1 itu. Untuk menggugat ke MK merupakan hak dan tentu saja kami mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," kata Hasto di Jalan Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4).

Hasto juga menanggapi pernyataan capres Prabowo Subianto yang menduga ada kecurangan dalam proses pemilu. Menurut Hasto, ia memiliki sejumlah bukti berupa sejumlah kertas suara yang telah tercoblos paslon nomor urut 02 sebelum masa pemilihan dimulai.

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto melakukan salam hormat saat akan meninggalkan Kertanegara. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

"Kami juga punya bukti-bukti ada kertas yang begitu dibuka ada yang sudah dicoblos untuk 02. Ini bagian yang kami evaluasi," ujarnya.

Ia menyarankan, sebaiknya Prabowo percaya dengan kinerja saksi yang diletakkan oleh masing-masing pihak di seluruh TPS. Belum lagi, saksi-saksi yang diletakkan seluruh parpol.

"Toh masing-masing parpol, masing-masing paslon punya saksi di setiap TPS," tutur dia.

Terlepas dari itu, ia menuturkan, proses pemilu menampilkan kegembiraan dengan antuasiasme masyarakat yang baik. Hal ini, kata dia, menunjukkan sikap kedewasaan dalam berpolitik.

"Tetapi dari kegembiraan rakyat yang ditampilkan untuk hadir dengan antusias ke TPS itu menunjukkan bahwa rakyat jauh lebih dewasa dalam hal politik dibandingkan dengan para elite yang sering kali terlalu memuja kekuasaan secara berlebihan," pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: