Pencarian populer

Tim Jokowi soal Dukungan Alumni: Pemilih Pemula Harus Digarap Serius

Deklarasi dukungan Capres nomor urut 01, Joko Widodo, dari Alumni Universitas Indonesia. Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI

Beberapa pekan ini, paslon nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin banyak mendapatkan dukungan dari alumni sejumlah perguruan tinggi dan SMA. Menanggapi hal ini, Wakil Ketua TKN Arsul Sani menilai datangnya dukungan tersebut sebagai hal yang wajar.

Dukungan dari alumni sejumlah perguruan tinggi dan SMA itu juga diyakini tidak akan menghilangkan citra Jokowi yang selama ini didukung masyarakat berpendidikan rendah. Malah, menurut Arsul, dukungan ini menunjukkan Jokowi merangkul seluruh kelompok masyarakat.

Ia bahkan membandingkan dukungan yang didapat Jokowi dengan Barrack Obama saat berkontestasi di Pilpres AS 2008 dan 2013 yang juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

"Kalau kita lihat Obama, pada dua pilpresnya itu kan dia memang mengasosiasikan dengan sebanyak mungkin kelompok masyarakat. Jadi itu bukan hal yang aneh. Hal yang wajar saja," kata Arsul di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/2)

Calon Presiden RI nomor urut 01, Joko Widodo diberikan hadiah sapu oleh Alumni SMA Pangudi Luhur di acara deklarasi dukungan. Foto: Fadjar Hadi/kumparan

Dukungan dari sejumlah alumni ini juga diharapkan mampu menggarap pemilih pemula. Menurutnya, pemilih pemula sangat rentan dipengaruhi oleh berita hoaks dan fitnah.

"Pemilih pemula itu yang menurut saya harusnya digarap secara serius. Karena itu yang paling rentan untuk gampang dimasuki kabar yang hoaks, fitnah," ucapnya.

Apalagi, pemilih dengan latar pendidikan minimal sarjana jumlahnya cukup kecil, atau hanya 12 persen dari total pemilih di Indonesia. Tidak hanya itu, pemilih dengan latar pendidikan tinggi juga cenderung kritis terhadap kebijakan pemerintah.

Capres No 01 Joko Widodo (kanan) bernyanyi pada acara Deklarasi dukungan Alumni SMA Jakarta Bersatu untuk #01 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/2). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

"Meskipun dia tidak yakin juga challenger (penantang) itu akan doing better, tapi karena memang ingin hal baru. Jadi itu sudah seperti sunnatullah hukum alam di mana pun," pungkasnya.

Selama seminggu terakhir, Jokowi mendapatkan dukungan dari sejumlah alumni perguruan tinggi dan SMA. Di antaranya alumni Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, SMA Kanisius, dan SMA Pangudi Luhur.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: