Pencarian populer
Timses Jokowi Nilai Prabowo Gugup dan Panik Saat Debat
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dipijat pasangan cawapresnya Sandiaga Uno saat jeda Debat Pertama Capres & Cawapres 2019. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)
Sekjen Partai Golkar Lodewijk Fredrich Paulus menilai pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno panik dan gugup dalam debat pertama pilpres 2019. Hal ini terlihat ketika Prabowo mulai berbicara di luar konteks saat menjawab pertanyaan debat.
“Akhirnya karena gugup, panik keluar dari substansi,” kata Lodewijk saat acara nobar debat di Rumah Aspirasi, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).
Dibandingkan Prabowo-Sandi, Lodewijk menilai paslon nomor urut 01 terlihat lebih santai dalam berdebat. Ia mengatakan bahwa Jokowi dan Ma’ruf Amin memiliki kontrol diri yang baik.
"Yang paling penting kontrol diri, ini terlihat betapa Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin sangat tenang," katanya.
Sekjen Golkar Letjen (purn) Lodewijk Freidrich. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Menurut Lodewijk, pasangan Jokowi-Ma’ruf bisa berdebat dengan tenang karena posisi Jokowi sebagai petahana. Maka itu Jokowi paham betul permasalahan negara sebagai presiden yang menjabat 4 tahun lamanya.
"Pak Jokowi dikatakan dari rekam jejak kemudian dari program-program, ide dan gagasannya memang sudah diaplikasikan. Itu yang menjadi modal kuat Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf tampil prima untuk diskusi ataupun debat pada malam ini," kata Lodewijk.
“Kita lihat betapa Pak Jokowi-Ma'ruf Amin sangat percaya diri. Mereka bisa saling mengisi saling menutup sehingga permasalahan yang disampaikan kita lihat terkontrol dengan baik,” tutup Lodewijk.
Sekjen Nasdem Johnny G. Plate tiba di Plataran Menteng, Kamis (9/8/2018). (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Senada dengan Lodewijk, Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate juga menilai paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf lebih unggul dibanding Prabowo-Sandi. Menurutnya Prabowo terlihat gugup dalam debat tersebut. Hal itu terlihat saat Ketum Gerindra itu berjoget dan dipijat Sandi.
"Kami sudah memperkirakan kalau Pak Prabowo terdesak dia akan bergaya," kata Johnny.
"Dan dia (Prabowo) bergaya dan itulah bagian entertainment yang didesain," imbuhnya.
Debat perdana Pilpres 2019 tersebut digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1). Tema pada debat kali ini ialah seputar hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Para kandidat akan kembali berdebat di lokasi yang sama pada 17 Februari 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: