Pencarian populer

Timses: Kalau Jokowi Pakai Earphone, Hafal Semua Data, Ini kan Tidak

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Eriko Sotarduga. Foto: Muhammad Lutfan Darmawan/kumparan

Timses capres-cawapres 01 Jokowi-Ma'ruf kembali menegaskan dan membantah tuduhan Jokowi menggunakan earphone pada saat debat capres, Minggu (17/2) lalu.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Eriko Sotarduga, menyebut jika benar Jokowi menggunakan earphone saat debat, tentu data-data yang disebutkan Jokowi tidak akan salah bahkan hafal semua.

"Jadi kami melihat evaluasi kemarin sah-sah saja kalau ada persepsi, bilang Pak Jokowi pakai earphone, ya hafal (data) semua, kan ini tidak," kata Eriko dalam diskusi 'Buntut Siasat Debat Kedua' Kedai Kopi di Cikini, Jakarta, Kamis (21/2).

Dalam debat tersebut, Jokowi memang dinilai beberapa kali salah menggunakan data. Di antaranya soal data impor jagung yang menurun dan kebakaran hutan yang diklaim hampir tak ada 3 tahun ini.

Terlepas dari hal itu, Eriko menyebut KPU dan Bawaslu telah menyatakan Jokowi tidak menggunakan earphone dalam debat. Dengan begitu, tak ada alasan lain untuk tetap menuduh Jokowi menggunakan earphone.

"Tapi bolehlah persepsi begitu, KPU dan Bawaslu kan tidak. Bahkan pulpen sederhana aja jadi keberatan. Ini persepsi publik," katanya.

Pada debat capres kedua yang berlangsung Minggu (17/2), capres petahana, Jokowi menjadi sorotan karena tampak tampil bicara sambil memegangi pulpen dan sempat tertangkap kamera sedang memegang telinga.

Publik pun berspekulasi perihal momen ini. Di media sosial, tersebar tuduhan Jokowi menggunakan earphone untuk mendapat masukan data. Earphone itu dianggap terhubung dengan pulpen yang tampak beberapa kali dipegang Jokowi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23