kumparan
21 Apr 2019 17:04 WIB

Tjahjo Akan Panggil Bupati Mandailing Natal yang Mundur karena Jokowi

Mendagri, Tjahjo Kumolo. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sudah membaca surat pengunduran diri Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution, yang mundur karena Jokowi kalah di daerahnya. Tjahjo menyebut akan memanggil Dahlan sebelum menerima pengunduran dirinya.
ADVERTISEMENT
"Kita pelajari dan panggil yang bersangkutan bersama Pemprov Sumut," kata Tjahjo melalui pesan singkat kepada kumparan, Minggu (21/4).
Tjahjo ingin mengklarifikasi alasan mundurnya Dahlan. Apalagi isu yang beredar, Dahlan mundur karena capres no urut 01 Jokowi kalah di wilayahnya.
"Karena alasan mundurnya bisa jadi blunder terhadap hasil Pilpres," ungkap dia.
Tjahjo mengatakan, surat dari Dahlan sudah masuk ke Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri. "Dan sudah dilaporkan ke saya, saya minta Otda koordinasi dengan Pemprov Sumut.
Menurutnya, Dahlan adalah sosok kepala berprestasi. Dahlan, kata Tjahjo, memulai kariernya dari nol.
"Bupati yang cukup berprestasi, akhir masa jabatan pada Juni 2021," tutur dia.
Dalam surat bernomor 019.6/1214/TUPIM/2019 dibuat pada 18 April 2019, Dahlan menuliskan mundur karena hasil pemilu yang tidak sesuai harapannya. Diduga karena kekalahan Jokowi di Pilpres di Mandailing Natal. Namun tak disebut angka kekalahannya tersebut.y
ADVERTISEMENT
"Dengan hormat, kami maklum kepada Bapak bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Mandailing Natal Sumatera Utara berjalan lancar, aman dan terkendali. Namun hasilnya sangat mengecewakan dan tidak seperti yang diharapkan," sebut isi surat itu.
Saat dikonfirmasi kumparan, Dahlan membenarkan surat pengunduran yang sudah beredar luas tersebut. Namun, dia menolak menjelaskan alasan pengunduran diri secara lebih detail.
Dahlan hanya menyatakan pengunduran dirinya tidak akan membuat pembangunan Kabupaten Mandailing Natal terhambat. Dia malah merasa kabupaten tersebut akan makin maju tanpa perannya.
Surat pengunduran diri Bupati Mandailing Natal, Sumatera Utara, Dahlan Hasan Nasution. Foto: Dok. Istimewa
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan