Pencarian populer

Trump Ancam Hancurkan Ekonomi Turki Jika Erdogan Serang Kurdi

Donald Trump. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan menghancurkan perekonomian Turki jika militan Kurdi di Suriah diserang. Trump khawatir Kurdi akan rentan gempuran Turki jika AS menarik seluruh tentaranya di Suriah.

Ancaman ini disampaikan Trump melalui akun Twitternya, Minggu (13/1), seperti dikutip Associated Press. Dengan gamblang, Trump menegaskan akan "menghancurkan Turki secara ekonomi jika mereka menyerang Kurdi."

"Mulai penarikan pasukan dari Suriah yang tertunda lama sembari menyerang dengan keras wilayah kekhalifahan ISIS yang masih tersisa sedikit, dan dari banyak arah. Akan menyerang lagi dari pangkalan terdekat jika mereka (ISIS) terbentuk lagi. Akan menghancurkan perekonomian Turki jika mereka menyerang Kurdi," kata Trump.

Walau mengancam Turki, Trump juga memperingatkan militan Kurdi agar "tidak memprovokasi Turki, Rusia, dan Suriah."

Pasukan Kurdi yang terletak di perbatasan Turki dan Suriah mendapat sokongan tentara AS. Mereka mendapatkan bantuan persenjataan, pelatihan, hingga perlindungan udara dari pasukan AS di Suriah.

Bagi AS, Kurdi adalah sekutu dalam memerangi ISIS. Namun bagi Turki, Kurdi adalah kelompok separatis teroris yang mengancam kedaulatan mereka.

Sejak Maret tahun lalu, Turki menggelar serangan besar-besaran dengan sandi "Operasi Ranting Zaitun" untuk menghabisi separatis Kurdi YPG di perbatasan Suriah. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tidak memperlihatkan tanda akan mengakhiri operasi yang dibantu oleh kelompok pejuang Tentara Pembebasan Suriah (FSA) ini.

Pasukan Turki masuk ke Suriah (Foto: AFP/Bulent Kilic)

Kebijakan terbaru Trump yang akan menarik sekitar 2.000 pasukan dan mengakhiri keterlibatan militer AS dalam konflik Suriah memicu kekhawatiran bagi Kurdi.

Banyak yang mengecam keputusan Trump, bahkan menteri pertahanan AS Jim Mattis menyatakan mundur. Anggota Senat AS mengatakan penarikan pasukan adalah "pengkhianatan bagi mitra Kurdi AS".

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23