kumparan
26 Jun 2019 13:51 WIB

Ustaz Felix Siauw Jelaskan soal Dirinya Kerap Dikaitkan dengan HTI

Felix Siauw saat ceramah di Masjid Fatahillah Balai Kota, Rabu (26/6). Foto: Moh Fajri/kumparan
Ustaz Felix Siauw tetap hadir di Masjid Fatahillah, Balai Kota DKI Jakarta, untuk mengisi kajian. Padahal, sehari sebelumnya, pengurus dan panitia acara menyatakan acara itu dibatalkan.
ADVERTISEMENT
Ustaz Felix Siauw memang kerap dikaitkan dengan organisasi yang saat ini sudah dibubarkan karena berlawanan dengan Pancasila, yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Usai memberikan kajian, Felix menjelaskan soal tudingan itu.
"Kalau yang di-highlight sedikit adalah saya mendakwahkan khilafah, bertentangan dengan Pancasila. Padahal itu sebenarnya bisa kita bicarakan secara ilmiah. Karena itu bukan perkara komunisme misalnya. Tapi itu bagian dari Islam. Mungkin sebagian orang salah paham," kata Felix di kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (26/6).
Ustaz Felix Siauw. Foto: Facebook/ @Felix Siauw
Felix memang tidak menjelaskan secara gamblang soal keterlibatan dirinya di HTI. Namun, tahun 2017 lalu dia mengakui dia merupakan anggota HTI.
"Permasalahan tentang HTI kemudian dikatakan HTI adalah organisasi yang dilarang. Kemudian undang orang yang dilarang. Kemudian sebenarnya semua tentang ide, ide itu kan terbuka di mana pun," pendapat Felix.
Poster pengumuman ceramah Ustaz Felix Siauw di Balai Kota DKI Jakarta. Foto: Moh Fajri/kumparan
Felix yakin, budaya ketimuran di Indonesia sangat terbuka dengan berbagai ide. Belum lagi dengan keterbukaan untuk memusyarawahkan sesuatu.
ADVERTISEMENT
"Orang Timur kita kan sudah terbuka dengan musyawarah dan diskusi, harusnya itu yang dikedepankan daripada ancaman, karena orang muslim, apalagi orang Indonesia," ujar Felix yang menganut Islam pada tahun 2002 ini.
Felix Siauw pada tahun 2017 lewat unggarahan di Facebook mengakui dia merupakan anggota HTI.
"Alhamdulillah sudah 15 tahun saya mengkaji Islam di HTI. Setelah interaksi dengan HTI, saya minta agar dijadikan anggota HTI dan alhamdulillah sampai sekarang saya masih mengkaji bersama HTI," ujar Felix kala itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·