Pencarian populer
Video: Tokyo Uji Coba Evakuasi Warga dari Serangan Rudal Korea Utara
Ratusan warga Tokyo berhamburan mencari tempat berlindung dalam uji coba evakuasi serangan militer, Senin (22/1). Dilansir AFP, ini adalah uji coba pertama yang digelar Tokyo setelah Perang Dunia II tahun 1945.
“Kami mendapat informasi bahwa sebuah rudal telah diluncurkan. Segera evakuasi diri dengan tenang ke dalam gedung maupun ke bawah tanah,” ujar seorang wanita melalui pengeras suara di taman hiburan di Tokyo.
Peringatan yang sama diteriakkan petugas lainnya kepada para pengunjung. Mereka langsung berlari menuju gedung yang terbuat dari beton dan stasiun bawah tanah terdekat.
Warga Tokyo latihan hadapi serangan Korut (Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Uji coba dilakukan untuk mengantisipasi serangan rudal Korea Utara. Pasalnya, Korea Utara sempat mengancam Jepang—yang merupakan sekutu dekat AS— dengan mengatakan bahwa mereka akan menenggelamkan Jepang dan mengubahnya menjadi ‘abu’.
Ancaman terasa semakin nyata tatkala tahun lalu Korea Utara menembakkan tiga rudal yang melintasi wilayah Jepang. Warga negeri Sakura pun panik setelah pemerintah menyebarluaskan peringatan secara nasional tentang peluncuran rudal Korea Utara.
Program latihan evakuasi ini sempat dikritik. Tak semua warga rupanya mendukung latihan evakuasi tersebut.
Sebagian menganggap sistem peringatan yang ada, tak berguna. Alasannya, karena waktu dan fasilitas untuk menyelamatkan diri yang disediakan sangat minim. Alasan lainnya adalah program ini dianggap memicu lahirnya sentimen dan kekhawatiran terjadinya perang dunia.
“Saya tak mau ikut uji coba evakuasi dan saya menentangnya, karena ini justru memicu terjadinya perang,” ungkap Ikie Kamioka (77), mantan guru SD di Tokyo. “Kamu tak akan selamat jika perang terjadi. Perang nuklir akan menghancurkan segalanya.”
Bagaimana pendapatmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: