kumparan
26 Agu 2019 17:22 WIB

Vonis Hakim: Prabowo Berhak Tetapkan Mulan Jameela dkk Anggota Dewan

Prabowo Subianto. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengabulkan gugatan yang diajukan Mulan Jameela dan beberapa kader Gerindra lainnya terhadap Ketua Dewan Pembina Gerinda sekaligus Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto.
ADVERTISEMENT
Dalam sidang tersebut, Ketua Majelis Hakim, Zulkifli, memutuskan Prabowo berhak untuk menetapkan para penggugat sebagai anggota legislatif dari Gerindra sesuai daerah pemilihan masing-masing.
"Mengadili, menyatakan tergugat 1 dan tergugat 2 berhak untuk menetapkan para penggugat sebagai anggota legislatif dari partai Gerindra untuk dapil masing-masing," ujar Zulkifli saat membacakan putusan, Senin (26/8).
"Menyatakan tergugat 1 dan tergugat 2 berhak melakukan langkah administrasi internal yang dianggap perlu oleh para tergugat guna memastikan penetapan para penggugat sebagai anggota legislatif dari partai Gerindra untuk dapil masing-masing," lanjutnya.
Sidang putusan gugatan Mulan Jameela CS. Foto: Abyan Faisal Putratama/kumparan
Dalam gugatan awal terdapat 14 penggugat, termasuk Mulan. Namun dalam perjalanannya, sebanyak 5 kader Gerindra mencabut gugatan yakni Li Claudia Chandra, Bernas Yuniarta, Rahayu Saraswati, Prasetyo Hadi, dan Seppaiga Ahmad.
ADVERTISEMENT
Sehingga praktis tersisa 9 penggugat yang bertahan yakni Mulan, Nuraina, Pontjo Prayogo SP, Adnani Taufiq, Adam Muhamad, Siti Jamaliah, Sugiono, Katherine A Oe, dan dr. Irene.
Dalam putusannya, majelis hakim juga membebani Prabowo biaya perkara sebesar Rp 762.000,00.
Diketahui para penggugat merupakan kader Gerindra yang maju di Pileg 2019 namun gagal ke parlemen.
Penyanyi Mulan Jameela saat hadir di Gempita Indonesia di hotel Sultan Jakarta Minggu (23/3). Foto: Ronny/kumparan
Dalam gugatannya kepada Prabowo, para penggugat berdalih mereka adalah tokoh-tokoh partai yang telah memberikan jasa besar atas perjuangan Partai Gerindra sehingga bisa menjadi pemenang kedua dalam gelaran Pemilu 2019.
Atas dasar tersebut pula para penggugat menggugat Prabowo agar segera menetapkan mereka sebagai anggota dewan terpilih periode 2019-2024.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan