• 1

Wagub Sumut Ajak Perkuat Iman untuk Cegah Korupsi

Wagub Sumut Ajak Perkuat Iman untuk Cegah Korupsi


Penyambutan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengenakan baju adat Melayu setibanya di rumah dinas Gubernur Sumut, di Medan, Sumatera Utara, Kamis (6/9). (Foto: ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Persoalan korupsi di Sumut cukup menjadi sorotan sejak mantan gubernur dan beberapa anggota DPRD Sumut dijerat oleh KPK. Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengatakan bahwa tindakan preventif sangat penting untuk dilakukan.
"Kalau dari pribadi, kita seharusnya perkuat iman kita. Yang kedua, bagaimana kita juga bisa menyadari bahwa jabatan ini adalah amanah dan harus takut kepada Allah untuk berbuat suatu hal yang menyalahi aturan," ujar pria yang akrab disapa Ijeck itu di Kampus 2 Harapan, Medan, Jumat (14/9).
Selain itu, Ijeck juga mencanangkan sebuah tindakan preventif lain untuk mengurangi tingkat korupsi yang ada di Sumut.
Dia mengatakan bahwa calon pejabat pemerintah provinsi (pemprov) penting untuk mengikuti sebuah pelatihan tentang garis besar aturan-aturan pemerintahan, agar saat menjabat sebagai pemimpin dapat memahami tata kelola pemerintahan.
"Secara pemerintahan, saya rasa perlu ah ke depannya (dibuat perencanaan). Karena era demokrasi ini kan semua orang bisa mencalonkan, yang pernah duduk di pemerintahan pun juga bisa mencalonkan," lanjutnya.
Sedangkan untuk sanksi, Ijeck menegaskan bahwa hal itu telah diatur di dalam undang-undang, sehingga pemerintah yang sedang menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (ODP) Sumut agar menjalankan program dan jabatan dengan sepenuh hati dan jujur.
Edy Rahmayadi dan Ijeck merupakan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang dilantik pada 5 September 2018 di Jakarta. Mereka mengungguli suara dari saingannya yaitu Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus dalam pemilihan umum daerah yang diselenggarakan pada 27 Juni 2018.

NewsSumatera UtaraMedan

presentation
500

Baca Lainnya