kumparan
26 Jul 2019 17:20 WIB

Warga AS Tewas Akibat Infeksi Amoeba Pemakan Otak Usai Renang di Danau

Ilustrasi sel dan bakteri Foto: Pixabay
Seorang laki-laki asal North Carolina, Amerika Serikat, tewas akibat penyakit yang disebabkan infeksi bakteri usai berenang di sebuah danau negara bagian itu. Warga itu bernama Eddie Gray (65) diketahui berenang di danau yang menjadi sebuah water park pada 12 Juli 2019.
ADVERTISEMENT
Departemen Kesehatan North Carolina mengkonfirmasi kematian Eddie pada 22 Juli 2019, akibat bakteri tersebut. Makhluk hidup bersel satu itu disebutkan memang ada di perairan air tawar North Carolina saat musim panas berlangsung.
"Hasil laboratorium dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention) mengkonfirmasi penyakit individu itu diakibatkan Naegleria fowleri yang jamak ditemukan di air tawar," tertulis di laman Departemen Kesehatan Kesehatan North Carolina. "Naegleria fowleri dikenal sebagai amoeba pemakan otak,".
Bakteri ini disebut tidak berbahaya jika tertelan. Namun, bakteri ini akan menjadi berbahaya jika masuk ke tubuh lewat hidung. Orang yang terinfeksi Naegleria fowleri akan menunjukkan gejala mulai dari sakit kepala, demam, mual, muntah, kaku leher, kejang, hingga koma.
ADVERTISEMENT
Infeksi Naegleria fowleri adalah kejadian yang jarang. Sejak 1962 hingga 2018 hanya ada 145 orang yang terinfeksi. Dalam rentang waktu itu, hanya lima orang yang berasal dari North Carolina.
Departemen Kesehatan Kesehatan North Carolina menyarakan warga untuk menghindari berenang di perairan tawar saat musim panas. Jika terpaksa berenang, warga diminta menggunakan penutup hidung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan