kumparan
29 Jan 2018 12:25 WIB

1.000 Unit Perdana Yamaha XMAX 2018 Sudah Ludes

Yamaha XMAX (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Yamaha XMAX mengikuti kesuksesan jajaran skutik MAXI lainnya, NMax. Penerimaan konsumen terhadap skutik gambot bermesin 250 cc itu sangat positif.
ADVERTISEMENT
Bahkan, di sejumlah daerah distribusi unit tak seimbang dengan permintaan. Inden berbulan-bulan pun harus dijalani konsumen.
Menurut Yamaha, hal itu terjadi karena mereka memang baru sekadar melihat pasar.
“Karena waktu itu kami belum bisa prediksi ini permintaannya berapa, karena ini segmen baru, kalau pego (motor matik 150 cc) ya kita tahu berapa, kalau matik 250 kan belum ada yang main sebelumnya,” ujar Deputy General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eddy Ang.
Mengatasi tingginya permintaan, Yamaha sendiri sudah meningkatkan kapasitas produksi XMAX. Strategi itu sudah mereka lakukan pada tahun 2017 lalu.
Yamaha XMAX (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
“Tahun lalu sempat naik (angka produksi) 1.300-1.400 unit di Pulo Gadung, tahun ini kita mulai di 1.000 (unit) dulu,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Soal produksinya yang kecil, Eddy juga tidak menampik bila distribusi yang dilakukan sangat terbatas. Dari 1.000 unit Yamaha XMAX yang disiapkan pada Januari 2018, seluruhnya sudah ludes.
Dijelaskan, sebanyak 400 unit telah disebar ke diler-diler di Indonesia sebagai display unit, sedangkan sisanya dialokasikan untuk penjualan online yang dibuka Yamaha setiap tanggal 10 tiap bulannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan