• 2

10 Mobil Incaran Taipan dan Penggila Kecepatan

10 Mobil Incaran Taipan dan Penggila Kecepatan



Ferrari Festiva of Speed

Ferrari Festiva of Speed (Foto: Gesit Prayogi/kumparan.com)
Mendengar nama Ferrari ataupun Lamborghini mungkin kamu akan langsung membayangkan mobil-mobil kelas atas dengan performa yang mengagumkan. Bersama dengan Bugatti, Koenigsegg, Hennessey, Pagani dan masih ada beberapa lainya, produsen-produsen ini juga yang kemudian melahirkan mobil untuk memuaskan para orang berduit atau mereka yang suka kecepatan di darat.
Dan memang benar adanya, mobil-mobil produksi pabrikan mobil kelas atas ini memang memiliki performa di atas rata-rata.
Hukum alam pun berbicara, ada kualitas ada harga. Maka tidak heran kalau kemudian mobil-mobil premium ini punya harga yang selangit. Selain karena performanya, mobil-mobil ini biasanya juga diproduksi dengan jumlah terbatas untuk menjaga nilai eksklusif tiap unitnya.
Nah, menggunakan data yang dikumpulkan Woodstock Motors, kumparanOTO merangkum 10 mobil buatan pabrik (bukan mobil hasil modifikasi ataupun yang diperjualbelikan di lelang) dengan harga paling mahal. Kira-kira, apa saja ya 10 mobil termahal di dunia?
10. McLaren P1
Di posisi paling bontot ada mobil buatan pabrik asal Inggris, Mclaren P1.

McLaren P1

McLaren P1 (Foto: Wikimedia Commons)
Lebih akrab di ajang balapan Formula 1, nyatanya McLaren juga membuat mobil super cepat dengan mesin hybrid.
Hanya diproduksi sebanyak 375 unit , Mclaren P1 langsung ludes bahkan sebelum produksinya rampung Oktober 2013. Harga 1,1 juta dollar (sekitar Rp 14,928 miliar) yang melabeli mobil ini rasanya cukup pantas. Dilengkapi dengan mesin V8 3.800 cc twin turbo yang menghasilkan tenaga 903 daya kuda (dk), mobil ini memiliki kecepetan maksimum 350 km/jam.
9. Hennessey Venom GT
Diberi label harga sama dengan McLaren P1 nyatanya mobil buatan produsen asal Houston, Texas ini punya catatan top speed terbaik --bahkan lebih tinggi daripada sembilan mobil lain di daftar ini. Dengan Mesin V8 7.000 cc twin turbo yang menghasilkan tenaga 1.500 daya kuda (dk), mobil ini menjanjikan top speed 435 km/jam saat uji coba di Kennedy Space Center.
8. Zenvo ST1
Sedikit lebih mahal daripada dua mobil sebelumnya ada Zenvo ST1, hypercar yang satu ini mungkin terdengar asing ketimbang yang lainnya, tidak heran pabrikan mobil asal Denmark ini terhitung masih sangat muda karena baru lahir tahun 2004.
Zenvo ST1 merupakan model pertama karya tangan-tangan pekerja di sana (yap, produsen mobil yang satu ini juga mengaku masih mengerjakan proses manufakturnya dengan tenaga manusia) dan hanya dibuat sebanyak 15 unit. Mobil yang dibanderol 1,2 juta dollar (sekitar Rp 16,286 miliar) ini mampu berakselerasi 0-96 km/jam dalam waktu 3 detik. Tentu saja hal ini dikarenakan penggunaan mesin V8 7.000 cc yang menghasilkan tenaga 1.104 daya kuda (dk).
7. Ferrari LaFerrari
Tidak hanya bersaing di sirkuit, persaingan McLaren dan Ferrari juga berlanjut dalam memproduksi mobil hybrid. Jika sebelumnya McLaren P1 ada di daftar ini, Ferrari LaFerrari juga tidak kalah mahalnya.
Total kamu harus mengeluarkan 1,3 juta dollar (sekitar Rp 17,643 miliar) untuk bisa membawa pulang mobil ini. Dilengkapi mesin V12 6.300 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 789 dk, mobil ini bisa melaju sama cepatnya dengan McLaren P1. Tidak heran 1.000 orang langsung berebut untuk membeli mobil ini saat pertama diperkenalkan. Meski begitu pada akhirnya ada 501 orang kaya yang harus kecewa lantaran Ferrari membatasi produksi mobilnya ini.

Ferrari LaFerrari

Ferrari LaFerrari (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)

6. Pagani Huayra
Produsen mobil asal Italia, Pagani juga cukup dikenal dengan karya-karya mobil supernya. Salah satu yang paling terkenal tentu saja Pagani Zonda. Namun mereka sudah memiliki suksesor Zonda, yakni Huayra yang debut pada tahun 2012 dan dihargai 1,3 juta dollar (sekitar Rp 17,643 miliar) kala itu.
Menggunakan mesin V12 6.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 700 dk yang disuplai dari Mercedes-AMG, Pagani hanya membuat mobil ini sebanyak 100 unit saja.
5.Koenigsegg One:1
Produsen mobil asal Swedia ini dikenal melahirkan mobil dengan catatan tercepat Koenigsegg Regera. Meski begitu Koenigsegg One:1 menjadi mobil paling mahal dan dibanderol dengan harga 2 juta dolar Amerika (sekitar Rp 27,143 miliar). Dilengkapi dengan mesin 5 liter V8 yang menyemburkan tenaga 1.340 dk mobil yang satu ini digadang-gadang sebagai 'megacar pertama di dunia'.
4. Ferrari F60 America
Mobil Ferrari kedua dalam daftar ini. Harganya pun cukup fantastis, 3,2 juta dolar Amerika (sekitar Rp 43,430 miliar). Mobil yang dibuat sangat terbatas ini sendiri hanya dibuat Ferrari khusus untuk konsumennya di Amerika dan dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-60 dari produsen belambang kuda ini.
Tidak memiliki atap, mobil yang satu ini menggunakan mesin 6,3 liter V12. Meski mungkin tidak sekencang supercar lain di daftar ini, Ferrari F60 America menjadi spesial karena hanya dibuat 10 unit saja.


3. Bugatti Veyron
Masuk ke tiga besar ada mobil karya produsen asal Prancis, Bugatti. Lahir di tahun 2005, mobil ini mendapat penghargaan sebagai mobil terbaik dalam satu dekade (2000-2009) dari program otomotif Top Gear. Menggunakan mesin W16 quad-turbo 8.000 cc Bugatti Veyron mampu menghasilkan 1.200 daya kuda.
Sebelum rekornya dipecahkan, Bugatti Veyron sempat memegang gelar mobil tercepat di dunia saat mencatatkan top speed 431 km/jam. Tidak heran harganya mencapai 3,4 juta dolar Amerika (sekitar Rp 46,144 miliar).
2. W Motors Lykan Hypersport
Mungkin kamu merasa tidak asing dengan mobil yang satu ini. Yap, mobil termahal kedua di dunia adalah sebuah mobil yang juga menjadi "bintang film" dalam Furious 7, Lykan Hypersport.
Yang lebih istimewanya lagi mobil ini adalah supercar pertama yang dibuat di Timur Tengah. Bermarkas di Uni Emirate Arab (UAE), mobil dengan lampu depan yang bermuatan permata ini merupakan karya kolaborasi insinyur Libanon, Prancis dan Italia. Tidak heran jika terdapat mesin V6 3.700 cc yang mempu menghasilkan tenaga 750 dk pada mobil yang hanya ada tujuh unit di dunia.
Dengan spesifikasi dan kisah yang demikian mobil yang satu ini pun dihargai 3,4 juta dolar Amerika (sekitar Rp 46,144 miliar).
1. Lamborghini Veneno
Sampai juga kita pada mobil termahal di dunia. Lamborghini Veneno sampai saat ini masih menjadi mobil termahal di dunia. Lahir pada tahun 2013, mobil ini adalah edisi khusus ulang tahun yang ke-50 produsen mobil berlambang banteng ini. Menggunakan basis Lamborghini Aventador, mobil termahal di dunia ini menggunakan mesin V12 6.500 cc.
Harga selangit yang disematkan pada mobil ini disebabkan karena kelangkaannya. Lamborghini hanya membuat 5 unit untuk mobil ini dan hanya tiga diantaranya yang dijual ke konsumen. Dengan harga 4 juta dolar Amerika (sekitar Rp 54,287 miliar) rasanya mobil ini memang benar-benar spesial.
*Semua konversi mata uang menggunakan rate 1 dolar Amerika = Rp 13.571 per 31 Desember 2017)


OtomotifMobilMobil PremiumListicle Otomotif

presentation
500

Baca Lainnya