• 2

10 Mobil Terlaris Sepanjang Tahun 2017

10 Mobil Terlaris Sepanjang Tahun 2017


com-Anti Macet

com-Anti Macet (Foto: Thinkstock)
Tahun 2017 peruntungan para produsen mobil di Indonesia belum juga membaik. Angka penjualan kendaraan roda empat ini dari tahun 2014 hingga sekarang terus merosot secara signifikan.
Hal ini pun juga berlaku untuk mobil segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang digadang-gadang menjadi kendaraan paling laris di Indonesia.Sementara segmen low sport utility vehicle (LSUV) yang juga diharapkan menjadi tulang punggung penjualan sejumlah pabrikan, nyatanya menunjukkan tren negatif dibanding tahun lalu.
Meski begitu, ada beberapa model mobil yang masih banyak diminati dan menjadi idola di tahun ayam api ini. Mobil apa saja yang masih laris manis dan diburu konsumen Indonesia sepanjang tahun 2017?
Memasuki penghujung tahun, berikut ulasan kumparanOTO untuk 10 mobil terlaris sepanjang tahun 2017 --semua informasi yang digunakan berdasar data wholesales (distribusi pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Januari-November 2017.
Toyota Avanza

Toyota Avanza

Toyota Avanza (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
“Nyalip Avanza mah susah, sudah disalip ada lagi,” lelucon tersebut nampaknya benar adanya dan semakin sulit dibendung. Bagaimana tidak, populasi mobil yang satu ini mencapai 1,6 juta unit. Ini artinya apabila diparkir berbaris rangkaian mobil buatan pabrik asal Jepang ini akan mencapai panjang 6.624 kilometer atau setara dengan separuh diameter bumi, 12.742 km.
Penjualannya pun masih mendominasi keseluruhan mobil yang diproduksi di Indonesia, dengan perolehan wholesales 109.529 unit sepanjang tahun 2017. Tidak heran kalau mobil sejuta umat ini masih menjadi yang teratas jika bicara penjualan mobil di Indonesia.
Toyota Calya

Toyota Calya

Toyota Calya (Foto: Gesit Prayogi/kumparan.com)
Bukan hanya Avanza saja yang bersinar, 'si anak baru' Toyota Calya juga mampu mengikuti saudaranya itu dengan mendominasi penjualan di segmen low cost green car (LCGC). Total penjualannya selama tahun 2017 mencapai 68.038 unit.
Angka ini sangat mengagumkan bagi mobil yang baru menjalani debut di tahun 2017 ini. Patut kita simak pamor nya di Tahun 2018 mendatang.
Toyota Innova

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova (Foto: Dok. TAM)
Masih dari pabrikan yang sama, sang legendaris Kijang yang kini hadri dalam wujud modern dengan nama Innova berada di peringkat ketiga urusan penjualan unit di Indonesia. Brand yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-40 di Indonesia ini berhasil mencatatkan jumlah penjualan mencapai 56.397 unit.
Melalui capaian ini Toyota Innova menunjukan empat dekade menemani masyarakat Indonesia, Kijang masih mendapat perhatian khusus jika bicara mobil multi guna.
Daihatsu Sigra

Astra Daihatsu Sigra

Astra Daihatsu Sigra (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Duet LCGC tiga baris besutan Toyota dan Daihatsu makin jauh meninggalkan rivalnya. Kembaran Toyota Calya ini juga mampu menjadi salah satu pemain utama yang mendominasi penjualan mobil di segmen LCGC.
Dengan perolehan penjualan sebesar 41.538 unit, Daihatsu Sigra menemani Toyota Calya di puncak penjualan mobil segmen LCGC di Indonesia.
Honda Brio Satya

Honda Brio Satya

Honda Brio Satya (Foto: HPM)
Masuk di urutan kelima, Honda mulai menampakan diri. Honda Brio Satya berhasil masuk dalam lima besar mobil paling laris di Indonesia.
Honda Brio Satya yang masuk segmen LCGC ini menjadi jagoan baru bagi PT Honda Prospect Motor (HPM) soal penjualan mobil di Indonesia. Mobil dua baris ini lantas menjadi pilihan karena performa dan efisiensinya. Tidak heran jika di sepanjang tahun 2017, Honda Brio Satya mampu menorehkan angka penjualan sebanyak 39.401 unit.
Honda HR-V

Honda HR-V Black Edition

Honda HR-V Black Edition (Foto: Honda)
Honda kembali menunjukan taraingnya. Kali ini melalui dominasi di segmen LSUV. Mencatatakan angka penjualan sebanyak 36.453 unit, Honda HR-V unggul jauh dibanding saingan lainnya di segmen ini. Angka ini juga membuat Honda HR-V menduduki posisi keenam soal penjualan mobil terlaris sepanjang tahun 2017.
Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Tidak semulus saudara kembarnya yang bercokol di posisi puncak, Daihatsu Xenia hanya mampu mencatat penjualan sebesar 35.501 unit. Namun soal dominasinya, ia menempel ketat Toyota Avanza di urutan kedua di segmen mobil multi guna terjangkau.
Honda Mobiliio

Honda Mobilio

Honda Mobilio (Foto: Dok. HPM)
Tidak tinggal diam, segmen LMPV juga diramaikan oleh mobil multi guna milik Honda. Sejak kehadirannya di tahun 2014, angka penjualan Honda Mobilio bersaing ketat dengan Daihatsu Xenia. Di tahun 2017 ini Honda mampu membukukan penjualan sebanyak 33.366 unit saja. Berselisih sekitar 2.000 unit dengan saingannya itu.
Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga Dreza

Suzuki Ertiga Dreza (Foto: SIS)
Segmen LMPV makin terbukti masih menjadi idola masyarakat Indonesia. LMPV lain yang masuk jajaran 10 mobil terlaris adalah Suzuki Ertiga. Mencatat angka penjualan 32.974 unit Suzuki Ertiga bertengger di posisi kesembilan.
Yang sedikit berbeda dengan kendaraan keluarga lainnya, Suzuki Ertiga menyediakan opsi mesin disel 1.300 cc, meski begitu nampaknya Suzuki masih harus berupaya lebih untuk bisa mengangkat penjualan LMPV-nya ini
Suzuki Carry

Suzuki Carry Pick Up

Suzuki Carry Pick Up (Foto: dok: Suzuki)
Percaya atau tidak, kami juga memasukkan Suzuki Carry Pick Up dalam mobil laris sepanjang tahun 2017.
Pembangunan serta pertumbuhan ekonomi masyarakat yang pesat, nampaknya mendorong pembelian mobil angkutan barang ini. Bagaimana tidak, total penjualannya di tahun 2017 mencapai 28.899 unit.
--
Itu dia 10 mobil yang sempat berjaya di tahun 2017, kira-kira penjualan mobil di Indonesia akan seperti apa ya di tahun 2018? Kehadiran mobil-mobil baru seperti Mitsubishi Xpander, all new Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2018 dan Wuling Cortez tentu akan mengganggu peta persaingan penjualan kendaraan di Indonesia.

OtomotifMobilListicle OtomotifKaleidoskop 2017

500

Baca Lainnya