kumparan
19 Mei 2018 12:47 WIB

10 Motor yang Jadi Bintang di Layar Lebar: Ada Vespa dan Motor Konsep

Deadpool Vespa (Foto: dok. 20th Century Fox)
Ketegangan adalah salah satu sensasi yang ditawarkan saat menikmati sebuah film. Untuk menambah dua bumbu itu, tidak jarang beberapa sineas memanfaatkan adegan kebut-kebutan di jalanan.
ADVERTISEMENT
Dan perlu diakui kalau adegan dengan sepeda motor dalam film lebih menegangkan dibanding adegan dengan mobil. Penampakan pengendara yang berinteraksi langsung dengan kendaraannya membuat adegan dengna sepeda motor terlihat lebih seru.
Nah, melihat fakta itu Visordown merangkum beberapa sepeda motor yang menjadi ikon setelah menampakan diri dalam layar lebar. Terinsinspirasi dari situ, kumparanOTO coba menyajikan beberapa sepeda motor yang kehadirannya cukup ikonis di layar lebar Hollywood.
1. Motor Kaneda -- Akira (1988)
Video
Akira adalah sebuah film animasi dari Jepang tahun 1988 yang mengambil setting di masa depan, film ini menunjukkan beberapa teknologi terdepan dari Neo-Tokyo termasuk pada moda transportasi yang dipakai.
Salah satu teknologi yang paling berkesan dan membekas tentunya sepeda motor yang digunakan protagonis utama, Shotaro Kaneda. Motor berukuran gambot berwana merah ini memang sangat melegenda.
ADVERTISEMENT
Ditampilkan tanpa merek tertentu motor ini punya teknologi yang bisa dibilang kelas atas. Punya tenaga sampai 200 daya kuda (dk), motor ini juga sudah dilengkapi rem ABS. Ya, meskipun fiksi, kepopuleran motor ini tidak bisa dipandang sebelah mata.
2. Batpod - The Dark Knight (2008 )& The Dark Night Rises (2012)
Bicara soal teknologi dan kendaraan di layar lebar tentu kita tidak bisa melewatkan sepeda motor milik miliarder Kota Gotham, Bruce Wayne alias Batman.
Meski lebih sering menggunakan Batmobile, Batpod tidak bisa dipandang sebelah mata.
Video
Pertama kali muncul di film kedua trilogi Batman dari Cristopher Nolan, Batpod menunjukkan keunggulannya saat digunakan Batman untuk mengejar Joker. Mendapat reaksi yang sangat positif, motor ini kembali dihadirkan di sekuel keduanya The Dark Night Rises kali ini digunakan oleh Catwoman dalam aksi kejar-kejaran yang tidak kalah serunya.
ADVERTISEMENT
Motor ini menggunakan satu mesin Honda dengan kapasitas yang diperkirakan mencapai 750 cc. Menariknya lagi mesin ini disebut-sebut ditempelkan pada bagian roda bukan pada framenya. Selain itu berbeda dari motor kebanyakan, Batpod disetir menggunakan bahu pengemudinya. Tidak heran kalau hanya seorang stunt rider bernama Jean Pierre Goy yang bisa mengemudikannya.
3. Light Cycles - Tron: Legacy (2010)
Video
Tahun 1982 pertama kali film Tron keluar dan memperkenalkan Light Cycles. Hanya saja karena keterbatasan teknologi, tampilannya pun menjadi kurang menarik.
Tahun 2010 fim ini dibuat kembali. Light Cycles pun menjadi salah satu yang menarik perhatian. Tidak saja karena bentuknya semakin menyerupai motor di dunia nyata tapi juga tampilannya yang semakin keren saja. Sayangnya motor yang satu ini hanyalah efek komputer semata. Meski begitu layaknya motor di film Akira, ada beberapa orang yang juga coba menampilkan Light Cycles ke dunia nyata.
ADVERTISEMENT
4. Harley-Davidson Fat Boy - Terminator 2 (1991)
Video
Berbeda dari motor lain di daftar ini yang dimodifikasi atau bahkan dibuat khusus untuk film, Harley Fat Boy yang dipakai oleh Arnold Schwarzenegger di Terminator 2 adalah motor dengan standar pabrikan.
Meski tidak memegang peranan penting dalam film, motor ini punya satu momen legendaris saat digunakan Terminator untuk melompat masuk ke dalam bendungan Los Angeles yang sedang kering.
5. Indian Scout - The World's Fastest Indian
Sulit rasanya tidak memasukan motor ini ke dalam daftar mengingat The World's Fastest Indian adalah film yang berpusat pada unit sepeda motor Indian milik Burt Murno.
Video
Film yang merupakan adaptasi dari kejadian nyata ini mengambil kisah Burt Murno, seorang pebalap asal Selandia Baru yang coba memecahkan rekor kecepatan dengan motor Indian tahun 1920-nya. Karena berdasar dari kisah nyata, motor ini disebut-sebut masih ada dan disimpan oleh seorang kolektor bernama Tom Hensley. Meski begitu beberapa orang meyakini kalau Burt Murno masih menyimpan motor ini di kampung halamannya di Invercargill, Selandia Baru.
ADVERTISEMENT
6. Vespa Primavera- Deadpool 2 (2018)
Film terbaru ini dari Marvel ini tidak mau ketinggalan adegan kebut-kebutan di jalan. Baru saja masuk ke layar lebar beberapa waktu yang lalu, ada adegan yang sangat menarik dari film itu.
Video
Ketimbang mengejar target dengan mobil, dari trailer singkat diperlihatkan kalau Deadpool menggunakan sebuah Vespa Primavera. Superhero yang satu ini memang terkenal nyeleneh dan pilihannya menggunakan scooter merah dalam adegan pengejaran truk cukup unik dan menarik.
7. Harley-Davidson Project LiveWire - Avengers: Age of Ultron (1953)
Belum resmi diluncurkan, motor listrik Harley Davidson ini sudah nampang di salah satu film paling 'hits' dalam beberapa tahun belakangan. Harley Davidson listrik di film ini meningggalkan kesan yang cukup kuat. Bagaimana tidak dalam film ini Harley Davidson LiveWire ditunggangi oleh Black Widow yang diperankan oleh Scarlett Johansson.
ADVERTISEMENT
Video
Tidak hanya menunjukan performanya di adegan kejar-kejaran dnegan truk, Harley Davidson LiveWire juga melaju nyaris tanpa suara, menunjukan Harley-Davidson dalam menggarap motor listrik.
8. Billy Bike - Easy Rider (1969)
Jika The Wild One mempopulerkan sepeda motor lebih karena tidak sengaja lewat sebuah foto, Easy Rider bisa dikatakan adalah film yang paling suskes mengangkat pamor sepeda motor. Salah satu motor yang mendapat porsi cukup banyak dalam film ini adalah motor chopper, Harley Davidson Hydra-Glide dengan kelir merah seolah terbakar.
Video
Nama Billy Bike sendiri diberikan berdasar nama pengguna motor ini di film, Billy The Kid yang diperankan oleh Dennis Hopper. Moor ini adalah hasil modifikasi oleh Cliff Vaughs dan Ben Hardy. Menariknya unit Harley Davidson yang dimodifikasi adalah bekas motor polisi;. Ironisnya meski sudah membuat dua motor modifikasi ini, keduanya dicuri sesaat sebelum proses pembuatan film selesai dan sampai saat ini belum pernah dilihat lagi.
ADVERTISEMENT
9. Triumph Trophy -- The Great Escape (1963)
Motor ini juga masuk ke daftar karena satu adegan yang legendaris. Tidak hanya itu, adegan di film ini juga sukses menjadikan Triumph Trophy sebagai salah satu sepeda motor paling populer yang pernah dibuat.
Adegan legendaris yang dimaksud adalah saat Steve McQueen memacu sepeda motornya di wilayah pedesaan dan kemudian melakukan sebuah lompatan menerjang gundukan sehingga dalam beberapa saat motor ini seperti terbang.
Video
Fakta uniknya Triumph Trophy di film ini sebenarnya dibuat untuk menggambarkan motor militer Jerman di tahun 1940-an, BMW R75 --yang sebenaranya tidak mirip-mirip amat.
10. Capatain America -- Easy Rider (1969)
Bukan, bukan film superhero Marvel yang dimaksud. Masih dari film legendaris Easy Rider, motor milik Wyatt Earp ini tidak diragukan lagi lebih populer dibanding Billy Bike yang sudah masuk daftar ini sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Sama seperti Billy bike motor ini adalah hasil modifikasi pada motor polisi Harley Hydra-Glide keluaran 1952 yang dindani oleh Cliff Vaughs dan Ben Hardy. Dengan aksen bendera Amerika motor ini tampil lebih mencolok dibanding Billy Bike.
Video
Sama seperti Billy Bike motor ini dibuat sebanyak dua unit. Satu unit juga dicuri, sementara yang satu lagi hancur dan terbakar di adegan terakhir film ini. Motor yang hancur ini kemudian diambil sisa-sisanya oleh salah satu kator, Dan Haggerty dan direstorasi dan disimpan selama puluhan tahun.
Saking legendarisnya, versi replika dari Capatain America dan Billy Bike dipajang juga di museum Harley Davidson di Milwaukee, Wisconsin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan