kumparan
19 Jun 2019 15:27 WIB

5 Fitur yang Belum Banyak Diketahui pada Wuling Almaz

Test Drive Wuling Almaz di Jawa Barat Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Wuling Almaz jadi SUV perkotaan alternatif setelah Honda CR-V turbo. Berbekal banderol yang tidak begitu meroket dan ragam fitur yang disematkannya, membuat Almaz cocok dimiliki bagi Anda yang ingin naik kelas setelah memiliki Low SUV atau Low MPV.
ADVERTISEMENT
Kalau bicara fitur pada mobil ini, seperti tak ada habisnya. Bahkan fitur yang telah dideskripsikan pada lembar brosur dan data spesifikasi, ternyata belum semua disajikan.
Setelah coba mengeksplorasinya pada liputan mudik kemarin, kumparan menemukan setidaknya ada lima fitur lain yang belum diketahui banyak orang. Apa saja fitur yang dimaksud? Simak ulasannya di bawah ini.
1. Window jam protection
Wuling Almaz, ilustrasi panoramic sun roof Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Pertama ada window jam protection. Fitur ini bisa dibilang mencegah anggota badan terjepit pada kaca yang sedang bergerak menutup. Jadi ketika laju kaca tertahan oleh suatu material, sistem secara otomatis akan membalikkan laju kaca.
Sesuai penjelasan Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko kepada kumparan beberapa waktu lalu, fitur ini disematkan pada kaca depan bagian pengemudi dan pada sunroof.
ADVERTISEMENT
Ini karena intensitas pembukaan kaca pada sisi pengemudi lebih banyak. Apabila pengemudi kurang awas, bisa saja jari atau tangannya terjepit kaca. Sedangkan pada sunroof, kemungkinan terbesarnya agar leher tidak terjepit saat ada orang yang mengeluarkan kepalanya untuk melihat panorama.
2. Electronic Parking Brake (EPB) tidak akan bekerja bila sabuk keselamatan tidak dipasang
Panel instrumen pada Wuling Almaz Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Masih soal keselamatan, ada hal menarik yang kami temukan. Biasanya EPB akan rilis dengan sendirinya ketika tuas transmisi sudah pada posisi D dan pedal gas diinjak.
Namun ternyata, EPB pada Wuling Almaz akan bekerja dengan mekanisme tersebut bila pengemudi sudah memasang seatbelt. Sebaliknya apabila seatbelt belum terpasang, meskipun gas sudah diinjak, EPB tidak akan rilis secara otomatis.
ADVERTISEMENT
Ya bisa dibilang dengan fitur ini sebagai pengingat untuk pengemudi mengenakan sabuk sebelum memulai perjalanan.
3. Kamera 360 bisa dihidupkan meski gigi mundur tidak aktif
Tampilan kamera 360 pada head unit Wuling Almaz Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Selanjutnya tak kalah menarik ada pada layar head unit 10,4 incinya. Biasanya tampilan kamera mundur akan aktif bila transmisi diposisikan R (reverse). Namun tidak pada Wuling Almaz. Kamu bisa mengaktifkan tampilan kamera 360-nya dengan menekan tombol pada layar atau pada cluster dashboard sebelah kanan pengemudi.
Jadi walaupun dalam keadaan berjalan sekalipun, kamera 360 bisa menampilkan area sekeliling. Mau tampilan kamera ke arah depan atau belakang, serta dari samping kiri atau kanan.
4. Ada spion day and night view
SUV Wuling Almaz resmi mengaspal di Indonesia, tantang CR-V, Pajero Sport dan Fortuner. Foto: Aditya Pratama Niagara / kumparanOTO
Kemudian, yang biasanya luput menjadi perhatian adalah spion day and night view. Fitur ini akan sangat membantu pada malam hari, utamanya bila disorot lampu jauh dari kendaraan di belakang.
ADVERTISEMENT
Pancaran lampu jauh yang memantul pada spion tengah, tentunya akan menyilaukan mata pengemudi. Nah dengan model spion ini, pancaran yang menyilaukan tadi bisa direduksi.
Cara memakainya adalah dengan menekan tuas pada bagian bawah spion, maka sinar lampu tadi akan menjadi redup, begitu pun dengan mayoritas tampilan di belakang, jadi lebih gelap. Sementara untuk membalikkan ke posisi awal, tinggal tarik tuas tadi.
5. Lampu DRL juga bertindak sebagai lampu sein
Lampu sipit Wuling Almaz selain sebagai daytime running light (DRL), juga berfungsi sebagai lampu sein Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Nah terakhir, ada pada bagian eksteriornya. Lampu menyipit yang menjadi daytime running light (DRL), ternyata juga sebagai lampu sein. Jadi ketika hazard atau lampu sein Wuling Almaz dinyalakan, lampu putih khas LED akan berubah jadi menguning kelap-kelip.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·