Pencarian populer
1 Januari 2018 19:09 WIB
0
0
5 Motor Bebek yang Masih Jadi Primadona Konsumen Indonesia
Motor bebek (Foto: Istimewa)
Meski mulai sepi peminat, sepeda motor bebek nyatanya masih dilirik masyarakat Indonesia di tengah gempuran motor matik yang menawarkan akomodasi dan kepraktisan.
Pada tahun 2017 saja, segmen ini berkontribusi sebesar 9,21% atau 540.071 unit dari total penjualan sepeda motor berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI). Berbeda sangat jauh dengan segmen motor matik yang menyumbang penjualan sebesar 80,70% atau sebesar 4,7 juta unit.
Melihat hal itu, motor bebek apa saja yang masih menjadi primadona masyarakat Indonesia? Berikut ulasan kumparanOTO untuk 5 motor bebek tersebut.
Honda Supra X 125
Bukan tidak mungkin bila orang-orang tidak mengenal motor Supra. Generasi pertama yang lahir 1997 menjadi cikal bakal dominasi Honda Supra X di Indonesia. Penyegaran demi penyegaran terus dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsennya untuk menghadirkan motor bebek yang terjangkau.
Honda Supra X 125 FI (Foto: Dok. AHM )
Motor yang menggantikan sang legendaris Astrea Grand dan Legenda tersebut masih menjadi primadona motor bebek pada tahun 2017. Data berbicara, motor itu terjual 117.089 unit dan menjadi yang terlaris saat ini.
Honda Revo Fit
Masih dari pabrikan berlogo sayap mengepak, posisi kedua ditempati Honda Revo Fit sebagai motor bebek entry level yang juga cukup mendominasi jalanan di Indonesia.
Honda Revo Fit (Foto: Dok. PT AHM)
Motor yang akrab sebagai ‘kendaraan kantor’ ini pun merupakan generasi ketiga dari pendahulunya yang lahir di tahun 2007.
Di samping itu, awal peluncuran Honda Revo juga sebagai antisipasi membludaknya pasar segmen motor bebek di Indonesia kala itu, dan bersaing langsung dengan Yamaha Vega R dan Suzuki Smash.
Menginjak satu dekade sejak kemunculannya, di tahun 2017 lalu Honda Revo Fit tidak sepi peminat. Tercatat penjualannya sebanyak 87.965 unit mengungguli rivalnya untuk motor bebek entry level.
Yamaha MX King
Dengan kubikasi mesin 150 cc Yamaha MX King hadir untuk menjawab berbagai kekurangan yang ada pada pendahulunya yakni Jupiter MX 135. Berdimensi lebih besar dan penggunaan ban lebar, membuat MX King seakan menjadi rajanya motor bebek.
Yamaha MX King (Foto: Dok. PT YIMM)
Menyasar kalangan anak muda, Yamaha MX King juga menjadi motor bebek `sport` 150 cc paling murah di kelasnya. Penjualannya cukup gemilang untuk motor bebek dengan desain gambot nan kekar, di tahun 2017 lalu mencapai 91.549 unit.
Yamaha Jupiter Z
Selain MX King, Yamaha juga memiliki tulang punggung lain untuk motor bebeknya. Seperti Yamaha Mio dalam segmen motor matic, Yamaha Jupiter Z mampu mempopulerkan Yamaha lewat pengembangan produknya.
Yamaha Jupiter Z (Foto: Dok. PT YIMM)
Penyegaran terus dilakukan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku produsen untuk motor yang memulai debutnya di tahun 2000. Berbekal DNA Yamaha Vega, Crypton dan Jupiter, Yamaha Jupiter Z sukses mencatat penjualan sebesar 39.933 unit di tahun 2017.
Honda Sonic 150 R
Melihat pasar motor bebek `ayam jago` 150 dengan gaya sporty yang cukup ramai peminat dan hanya dihuni oleh Suzuki Satria, membuat Honda akhirnya menghadirkan motor dengan dimensi yang menyerupai rivalnya.
Desainnya yang anak muda banget, membuat Honda Sonic mampu menyaingi dominasi Suzuki Satria lewat penjualannya yang mulus. Apalagi kehadirannya banyak dipandang sebelah mata lewat bentuk dan spesifikasi mesin yang hampir sama dengan Suzuki Satria.
Honda Sonic 150R (Foto: Dok. PT AHM)
Dengan penjualannya mencapai 38.482 unit di tahun lalu, kami juga menempatkan Honda Sonic 150 R di posisi ke-5 sebagai motor bebek yang menjadi favorit pada tahun 2017.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: