Pencarian populer
5 Motor Tercepat Dunia, Ada yang Bisa Digeber hingga 675 Km/Jam
Mengendarai Motor (Foto: MikeBird)
Motor sport diyakini menjadi tunggangan roda dua yang mampu melesat lebih cepat dibanding model motor lainnya.
Selain didukung desainnya yang aerodinamika, mesinnya juga mampu memproduksi tenaga yang besar. Oleh sebab itu, banyak pecinta kecepatan yang tidak ragu memboyong motor sport untuk sekadar menyalurkan hasratnya merasakan sensasi berkendara dalam kecepatan tinggi.
Banyak pabrikan motor ternama menghadirkan motor sport dengan mesin berperforma tinggi. Tidak hanya itu, sejumlah bengkel lokal pun ikut serta mengoprek motor sport agar dapat melesat kencang.
Dari ragam motor dengan kecepatan di atas rata-rata itu tentu ada beberapa yang lebih unggul daripada yang lainnya. Apa saja motor-motor itu?
Berikut ulasan kumparanOTO tentang 5 motor tercepat di dunia mengutip dari The Mysterious World.
5. Suzuki Hayabusa
Suzuki Hayabusa (Foto: dok. Top Speed)
Pertama ada si legendaris Suzuki Hayabusa yang namanya sangat tersohor di jagat motor cepat. Hayabusa sendiri diambil dari nama burung falcon di Jepang yang mampu terbang hingga 326 km/jam.
Suzuki Hayabusa mengusung mesin 1.300 cc 4-silinder yang mampu memuntahkan tenaga 197 daya kuda (dk) pada 6.750 rpm yang disalurkan pada transmisi 6-percepatan.
Saat digeber maksimal, mesinnya mampu melesatkan motor ini hingga 312 km/jam yang mendekati kecepatan burung Hayabusa. Selain itu Suzuki Hayabusa juga bisa berakselerasi 0-100 km hanya dalam 2,5 detik saja.
4. Kawasaki Ninja ZX-14R
Kawasaki Ninja ZX14R (Foto: dok. Kawasaki)
Selanjutnya ada Kawasaki Ninja ZX-14R yang juga masuk jajaran motor tercepat yang pernah diproduksi.
Mesin 1.400 cc-nya itu mengeluarkan 200 dk pada 10.000 rpm yang dikawinkan pada transmisi 6-percepatan.
Dengan tenaga tersebut, Ninja ZX-14R mampu berakselerasi 0 ke 100 km dalam waktu 2,7 detik saja dan kecepatan puncak yang diraih 334 km/jam.
3. MTT Turbine Superbike Y2K
Motor dengan kecepatan di atas rata-rata berikutnya adalah MTT Turbine Superbike. Motor sport hasil karya Marine Turbine Technologies, yang merupakan sebuah fasilitas produksi yang mendaur ulang mesin turbin.
Meski bukan merupakan pabrikan yang mendedikasikan diri untuk membuat sepeda motor, MTT Turbine Superbike pernah tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai motor paling bertenaga yang pernah diproduksi.
MTT Turbine Superbike Y2K (Foto: dok. uncommonmotors)
Sektor dapur pacu MTT Turbine Superbike mengambil DNA mesin turboshaft Rolls-Royce 250-C18 yang merupakan mesin yang sama dengan helikopter Bell 206A yang mampu mengeluarkan tenaga 320 dk pada 52.000 rpm dan disalurkan pada transmisi semi otomatis 2-percepatan.
Mesin motor 4-tak ini sendiri tidak menghasilkan bunyi raungan, namun suaranya lebih halus layaknya mesin jet pesawat.
Canggihnya lagi, sistem pembuangan atau knalpot didesain mampu mengkonversikan panasnya menjadi tenaga motor.
Dengan daya yang besar tersebut, MTT Turbine Superbike mampu melesat hingga kecepatan puncak 365 km/jam. Namun belum ada data pasti soal akselerasi 0-100 km, dikarenakan banyak penguji kecepatan yang enggan menggeber MTT Turbine Superbike sekencang-kencangnya.
2. Kawasaki Ninja H2R
Seakan belum puas dengan Ninja ZX-14R, Kawasaki lagi-lagi memproduksi motor super cepatnya yang masuk keluarga Ninja, yakni Ninja H2R.
Mesin dengan kubikasi 998 cc-nya itu mampu memproduksi tenaga sebesar 310 dk yang disalurkan pada transmisi 6-percepatan.
Kawasaki Ninja H2R (Foto: dok. Kawasaki)
Dengan tenaga sebesar itu, Ninja H2R mampu melesat hingga 400 km/jam. Apalagi ditopang rangka trellis yang lebih kuat sehingga pengendaliannya lebih baik.
Soal akselerasi 0-100 km, Ninja H2R hanya membutuhkan waktu 2,6 detik.
1. Dodge Tomahawk
Terakhir, tahta motor tercepat masih dihuni oleh Dodge Tomahawk yang mampu melesat hingga 675 km/jam.
Dodge Tomahawk mengadopsi mesin mobil Dodge Viper 8.300 cc V-10 SRT. Soal tenaga, mesinnya mampu memproduksi 500 dk yang disalurkan pada transmisi 2-percepatan. Soal akselerasi 0-100 km, Dodge Tomahawk unggul sedikit dibanding Kawaski H2 dengan catatan waktu 2,5 detik.
Dodge Tomahawk (Foto: dok. Wonderful Engineering)
Beda dengan motor umumnya, Dodge Tomahawk memiliki empat roda untuk menyalurkan tenaga besarnya itu.
Karena tampilannya yang tidak lazim, motor tersebut sulit mendapatkan lolos uji standar pihak otoritas terkait di Amerika Serikat.
Selain itu suara bising yang dihasilkan pun terbilang mengganggu atau berisik, sehingga menjadi alasan Dodge Tomahawk belum diproduksi secara massal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: