kumparan
18 Apr 2018 17:24 WIB

6 Fokus Ubahan di All New Suzuki Ertiga yang Meluncur Besok

All New Suzuki Ertiga (Foto: dok. Seraya Motor)
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia dipastikan akan meluncurkan all new Ertiga 2018 besok, bertepatan dengan hari pertama Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018, Kamis 19 April 2018.
ADVERTISEMENT
Belum diluncurkan, bocoran spesifikasi low multi purpose vehicle (MPV) Suzuki ini mencuat ke permukaan. "Untuk perubahan bentuk, total lah semuanya," papar 4W Deputy Managing Director PT SIS, Setiawan Surya saat ditanya mengenai ubahan di all new Ertiga beberapa waktu lalu.
Nah, berdasarkan bocoran pula, kumparanOTO menghimpun setidaknya ada enam fokus ubahan pada all new Suzuki Ertiga. Kira-kira apakah sesuai dengan ekspektasi kamu? Berikut selengkapnya.
1. Dimensi
Pertama soal dimensi, all new Ertiga punya bodi yang bisa dikatakan cukup bongsor dari pendahulunya. Dia punya panjang sekitar 4.395 mm, selisih 130 mm dengan model lawasnya. Untuk ukuran lebarnya pun demikian, dia punya lebar 1.735 mm, yang mana versi sebelumnya hanya punya 1.695 mm. Lanjut ke tingginya, versi anyar ini punya tinggi sekitar 1.690 mm-- unggul 5 mm dari versi sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Kendati berubah secara dimensi, konfigurasi pada sektor kaki-kaki tetap dipertahankan. All new Ertiga 2018 masih tetap menggunakan suspensi belakang Torison beam with coil spring, sedangkan untuk suspensi depan menggunakan MacPherson strut with coil spring. Mobil ini juga mendapat desain velg yang lebih segar, sementara ukuran dan profilnya masih sama, yakni 15 inci 185/65.
2. Eksterior
Desain dari all new Suzuki Ertiga ini berubah cukup signifikan. Dia kini terlihat lebih sporty berkat adanya garis pada kap dan body samping. Kemudian, desain lampu juga ikut direvisi dan menggunakan jenis proyektor. Tak ketinggalan, dia punya grille horizontal dengan aksen krom dengan bentuk lima bilah.
Melirik ke bagian belakang, kamu akan menembukan desain lampu yang berubah juga. Sepintas mirip dengan desain milik Honda HR-V. Kemudian panel pintu belakang juga berubah dan hadir lampu high mount stop lamp. Namun sayang, tidak ada shark fin antenna untuk memperkuat kesan sporty.
ADVERTISEMENT
3. Mesin
All new Ertiga yang akan mengaspal besok ini dibekali dengan mesin K15B DOHC VVT berkapasitas 1.462 cc. Di atas kertas, Suzuki menjanjikan Ertiganya dapat menyemburkan tenaga sebesar 103 daya kuda (dk) pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.
Sebagai perbandingan, varian sebelumnya mengusung mesin K14B DOHC berkapasitas 1.373 cc, yang hanya dapat memuntahkan tenaga maksimum sebesar 90 daya kuda (dk) pada putaran 6.000 rpm dan torsi 130 pada putaran 4.000 rpm.
Soal transmisinya, Suzuki menyiapkan dua pilihan untuk all new Ertiga-nya yakni, otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.
4. Fitur
Lanjut ke fitur, all new Ertiga 2018 dilengkapi dengan push start/stop button (GX), headunit touchscreen 6,8 inci, 4 buah speaker, tilt steering, dan seat height adjuster (GX).
ADVERTISEMENT
Sayangnya, belum ada spesifikasi konkrit yang kami dapatkan soal fitur keselamatan, informan kumparanOTO hanya menyebutkan jika mobil yang akan mereka luncurkan besok ini punya fitur ABS, EBD, dan dua airbag yang akan tersemat.
5. Tipe
All new Suzuki Ertiga (Foto: dok. Istimewa)
Sebagaimana kami telah informasikan sebelumnya, bila Suzuki menghapus varian Dreza untuk produk terbarunya kali ini. Saat ini Suzuki menawarkan empat pilihat tipe; GA, GL, GX, GX ESP. GA : manual 5-percepatan GL : manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan GX : manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan GX ESP : manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan
6. Pilihan warna
All new Ertiga 2018 hair dengan tujuh pillihan warna; pearl radiant red, pearl burgundy red, pearl snow white, prime cool black dan metallic silky silver merupakan lima warna yang sudah ada pada model lawas. Sedangkan pearl glorious broken dan metallic magma gray adalah dua warna baru yang secara khusus disiapkan Suzuki untuk model teranyarnya ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·