kumparan
18 Apr 2018 8:46 WIB

6 Modal Yamaha Lexi Melawan All New Honda Vario 125

com-Yamaha Lexi (Foto: Yamaha Indonesia)
Yamaha Lexi resmi dipasarkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Selasa (17/4) mereka mengumumkan harga skuter matik (skutik) yang menjadi anggota keluarga terbaru keluarga Maxi Yamaha ini bersamaan dengan Media Test Ride di Sirkuit Karting Sentul, Bogor.
ADVERTISEMENT
Mereka mengumumkan kalau Yamaha Lexi --standar-- dijual dengan harga Rp 19,95 juta (Rp 20 juta kurang Rp 50 ribu). Sedangkan Yamaha Lexi S -- varian tertinggi-- dijual dengan harga Rp 22,8 juta. Meski hanya kurang Rp 50 ribu, YIMM menepati janji untuk menghadirkan motor ini dengan harga di bawah Rp 20 juta.
"Karena kami bikin produk yang bersaing dan sangat terjangkau. Sejujurnya dibanding value-nya, enggak pantas segitu kalau dari sisi marketing," kata Deputy Director PT YIMM, Hendri Wijaya.
Yamaha Lexi (Foto: dok. PT YIMM)
Ya, sebelum mengadili harganya yang mungkin tidak sesuai ekspektasi kita harus lihat dulu beberapa kelebihan Yamaha Lexi. Berikut beberapa di antaranya.
1. Desain lampu Grand LED Headlight
Yamaha Lexi tidak sanya mengadopsi desain keluarga Maxi Yamaha, motor ini juga mendapatkan desain lampu khusus yang diberi nama Grand LED Headlight. Lampu utama yang sudah menggunakan teknologi irit daya ini dikombinasikan dengan 'alis' yang diberi warna biru. Selain lebih terang ketimbang lampu biasa, desainnya juga membuat motor ini terlihat lebih elegan dan mewah. Sebagai tambahan, YIMM juga menambahkan fitur lampu hazard sebagai standar safety terbaru produk-produk mereka.
Yamaha Lexi (Foto: Alfons/kumparanOTO)
2. Punya deck
ADVERTISEMENT
Meski menjadi bagian dari keluarga Maxi Yamaha, ada satu hal yang membedakan desain Yamaha Lexi dengan kakak-kakaknya. Ya, Yamaha Lexi memiliki ruangan pijak yang luas di bagian depan --berbeda dengan produk Maxi Yamaha lain yang menjadikan tempat ini sebagai tempat tangki bensin.
"Ini satu-satunya motor keluarga Maxi yang punya flat foot board. Sehingga orang bisa naik bukan hanya dari belakang, tapi (memasukkan kaki) dari samping juga bisa," tutur Manager Marketing YIMM, Antonius Widiantoro.
Yamaha Lexi (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Lebih lanjut dia menerangkan kalau hal ini untuk merangkul konsumen perempuan yang memang ingin menggunakan skutik Maxi Yamaha. Selain itu, dengan deck yang luas ini memungkinkan pengendara bisa menaruh galon air di sini.
3. Kenyamanan ala Maxi Yamaha
ADVERTISEMENT
Jadi bagian dari keluarga Maxi Yamaha bukan hanya sekadar 'gimmick' YIMM, Yamaha Lexi menjanjikan kenyaman sama seperti mengendarai skutik premium mereka yang lainnya. Mulai dari handle bar. Yamaha Lexi mendapat setang yang sama persis dengan produk Maxi Yamaha lainnya. Lalu posisi berkendara khas Maxi juga ditawarkan oleh Yamaha Lexi. Skutik ini bisa dikendarai dengan posisi berkendara biasa dan 'selonjoran' ala skutik premium Yamaha.
Yamaha Lexi (Foto: Alfons Yoshio)
Tidak hanya itu, masalah kenyamanan, Yamaha Lexi juga dilengkapi dengan jok yang lebih panjang sehingga selain bisa menyesuaikan posisi duduk lebih baik, motor ini juga nyaman untuk membawa 'boncengan'.
4. Panel informasi lengkap full digital
Yamaha Lexi dilengkapi dengan panel informasi yang tidak hanya berisikan speedometer namun terdapat sangat banyak informasi lain yang sangat lengkap. Mulai dari yang standar seperti informasi tangki bensin, tachometer digital yang dilengkapi dengan indikator VVA, jam, odometer hingga informasi per perjalanan (trip), rata-rata konsumsi bahan bakar, dan informasi kondisi aki. Panel informasi ini juga bisa diatur tingkat pencahayaannya.
MID Yamaha Lexi (Foto: dok. istimewa)
5. Mesin Blue Core VVA 125 cc
ADVERTISEMENT
Yamaha menunjukan keseriusannya dalam menghadirkan Yamaha Lexi lewat mesinnya yang sudah dilengkapi dengan teknologi terkini. Motor ini mengemas mesin 125 cc 4-tak SOHC, satu silinder dan sudah menggunakan teknologi Blue Core dengan dukungan Variable Valve Actuation (VVA).
6. Fitur
Yamaha Lexi menjanjikan beragam fitur baik untuk meningkatkan performa maupun untuk urusan fungsionalitas. Mesinnya selain sudah diberi teknologi terkini yang menjamin efisiensi dan performa juga sudah dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara mesinnya sangat halus ketika dinyalakan.
Yamaha Lexi (Foto: dok. PT YIMM)
Bagi pemotor, khususnya yang berprofesi sebagai ojek online, hadirnya power socket alias tempat charger untuk gawai pada konsol depan tentu sangat membantu. Motor ini juga dilengkapi answer back system, lampu hazard, dan start and stop system.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·