kumparan
29 Des 2017 16:53 WIB

Adu Kuat Sedan Kompak: Toyota Vios vs Honda City

Komparasi sedan (Foto: Istimewa)
Lebih dari 10 dekade terakhir, eksistensi sedan di Tanah Air terlihat semakin menciut. Bagaimana tidak, naiknya pamor SUV dan MPV, mobil sedan makin tak dilirik. Apalagi pajak mobil itu di Indonesia lebih tinggi.
ADVERTISEMENT
Walapun begitu, Toyota dan Honda tetap memiliki produk di segmen tersebut. Pada sektor sedan kompak, dua pabrikan itu memiliki produk Vios dan City.
Toyota Vios (Foto: Toyota)
Nah, bagi Anda yang berniat meminang sebuah sedan kompak untuk menunjang aktivitas sehari-hari, kumparanOTO coba menyajikan komparasi dua model tersebut. Sebagai catatan unit yang kami komparasi adalah Honda City tipe E dan Toyota Viso tipe G.
Mesin
Honda City tipe E menggunakan mesin SOHC i-VTEC 1. 497 cc. Di atas kertas menjanjikan 118 daya kuda (dk) pada 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.
Sedangkan lawannya, Toyota Vios tipe G menganut mesin DOHC VVT-i 1.496 cc. Tenaga yang dijanjikan lebih kecil yakni 105 dk pada 6.000 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.200 rpm.
ADVERTISEMENT
Dimensi
Sama-sama dipersiapkan untuk mobil berkapasitas lima penumpang, wajar bila kedua sedan ini tidak memiliki perbedaan ukuran yang signifikan. Untuk panjang, Honda City memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang yaitu 4.442 mm, sedangkan Toyota Vios panjangnya 4.410 mm.
Sementara di lebarnya, Toyota Vios bisa dibilang unggul. Vios cenderung memiliki ukuran yang lebih lebar dari rivalnya, yaitu 1.700 mm, atau lebih lebar 6 mm dari Honda City dengan 1.694 mm. Kemudian untuk Honda City tingginya 1.477 mm, atau lebih tinggi 2 mm dibandingkan sedan kompak Toyota.
Honda City (Foto: Honda)
Dari ukuran jarak sumbu roda, Honda City punya panjang 2.600 mm dan Toyota Vios 2.550 mm.
Fitur keselamatan
Honda City dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Seatbelt reminder, ISOFIX & Tether, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assit (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Brake Override System, dan tak ketinggalan dual airbags di depan.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk Toyota Vios, fitur keselamatan yang ditawarkan hanya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA), Seatbelt reminder, dual airbags di depan dan pengait ISOFIX.
Harga
Faktor yang sering kali menjadi pertimbangan jika ada dua jenis kendaraan dengan spesifikasi yang nyaris mirip. Honda City E CVT dibanderol Rp 322 juta, sedangkan Toyota Vios G CVT harganya Rp Rp 311 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan