kumparan
21 Agu 2019 11:04 WIB

Asuransi Astra Kuasai 48 Persen Pasar Roda Empat Medan

Toyota Avanza Veloz Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Besarnya pangsa pasar merek otomotif di bawah bendera Astra, di antaranya Toyota, Isuzu dan Daihatsu, turut memberikan berkah sendiri untuk Asuransi Astra khususnya di wilayah Medan.
ADVERTISEMENT
Sepanjang periode Januari-Juni 2019 ini, Asuransi Astra berhasil menguasai pasar mencapai 48 persen. Ini menempatkan sebagai market leader, atau yang terbesar.
"Posisi kami sejalan dengan posisi otomotif, di mana merek-merek di bawah Astra mendominasi pasar otomotif di Medan. Jadi mengikuti produk Astra," tutur Branch Manager cabang Medan Asuransi Astra Muliawansyah di sela-sela kegiatan CSR Revitalisasi PAUD Terpadu Perwari Trisula, Senin (19/8).
Asuransi Astra. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Muliawansyah menambahkan, bila membandingkan dengan performa bisnis asuransinya pada periode sama tahun lalu, mereka mengalami kenaikan sampai 5 persen. Hanya saja, dirinya enggan menyebutkan berapa besaran pendapatannya.
"Jadi ada dua jalurnya, ada yang melalui leasing TAF (Toyota Astra Finance) atau ACC (Astra Credit Companies), tapi ada juga yang direct langsung dari pembelian tunai," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Terkait dengan target sendiri, Muliawansyah menyebut, sepanjang semester pertama 2019 ini mereka setidaknya sudah memenuhi 96 persen dari target.
Daihatsu Sigra di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Kesadaran masih kecil

Ia mengamini bahwa tingkat kesadaran masyarakat Medan soal asuransi kendaraan masih sangat kecil sekali. Mengacu data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi untuk asuransi hanya 3-4 persen secara nasional.
"Jadi kita terus berikan edukasi kepada masyarakat di sini bagaimana pentingnya asuransi. Dan kami berikan simulasi bila terjadi kerusakan berapa. Sehingga sedikit demi sedikit mereka mulai mengerti. Jadi kalau sewaktu kena musibah itu aman," kata Muliawansyah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan