kumparan
5 Des 2018 9:00 WIB

Axiis Liion, Motor Listrik yang Tenaganya Lebih Buas dari Xpander

Axiis Liion Electric Supermoto (Foto: dok. Ride Apart)
Dewasa ini banyak negara berlomba-lomba memamerkan kendaraan listriknya, baik roda empat maupun roda dua. Seperti Indonesia yang memiliki GESITS, Portugal punya motor listrik Axiis Liion Electric Supermoto.
ADVERTISEMENT
Bila melansir Rideapart, Axiis Liion merupakan perusahaan manufaktur komponen metal yang ada pada sepeda motor, seperti foot peg maupun berbagai macam baut. Sayangnya motor yang dikenalkannya itu masih model purwarupa.
Axiis Liion Electric Supermoto (Foto: dok. Ride Apart)
Tapi istimewanya, pabrikan sudah merilis estimasi spesifikasi daya larinya. Tenaga yang dihasilkan dari motor listriknya cukup besar untuk seukuran sepeda motor listrik. Berdasarkan data spesifikasi, daya maksimumnya bahkan melampaui Mitsubishi Xpander.
Di atas kertas, motor listriknya mampu memproduksi tenaga hingga 134 dk (Xpander 103 dk) dan torsi maksimumnya 240 Nm yang bisa dicapai pada 5.200 rpm. Lewat tenaganya itu Axiis Liion Electric Supermoto bisa melesat hingga kecepatan puncak 200 km per jam.
Latar belakang Axiis Liion yang memproduksi barang berbahan baku metal memudahkannya untuk membuat bodi yang ringan. Rangka, lengan ayun maupun bodi penunjangnya dibuat dari bahan baku aluminium yang keseluruhannya memiliki bobot 133 kg (termasuk baterai dan motor listrik).
Spesifikasi Axiis Liion Electric Supermoto (Foto: dok. Ride Apart)
Memang jatuhnya seperti bobot sepeda motor umumnya yang berjenis moped kebanyakan. Namun Axiis Liion punya wujud yang kental nuansa petualangnya. Seperti dijelaskan di awal, motornya memiliki bentuk supermoto yang ramping nan jangkung.
ADVERTISEMENT
Sebelum dilepas ke pasaran, pabrikan juga sudah merilis gambar purwarupanya di laman Facebook resminya untuk mencari tahu kunsumen potensial dan mengumpulkan pendapatnya, apakah bentuknya perlu rombakan atau sudah pas.
"Axiis Liion Electric Supermoto adalah hasil kerja keras kami beberapa bulan terakhir. Ketika kami membuatnya, kami melakukannya dengan tujuan membangun merek terpercaya di dunia yang nantinya dapat memenuhi impian terbesar kami: membangun dan mengomersialkan supermoto," tulis tim Axiis Liion.
Bila Axiis Liion Electric Supermoto telah hadir di pasaran, maka posisinya akan head to head dengan Zero Motorcycle dan Alta Motors Redshift EXR.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·