Pencarian populer

Bisa Jadi Rekomendasi, Rombak Tampilan GL100 Mirip Honda CB100

Modifikasi Honda CB100 (Foto: dok. Central Classic Custom)

CB100, merupakan salah satu motor 'jadul' besutan Honda yang banyak diburu. Mungkin karena bentuknya yang cukup unik khas motor lawas, membuat motor yang diproduksi antara tahun 1972 hingga 1982 ini banyak diidam-idamkan, baik oleh para kolektor maupun modifikator.

Tapi jangan sedih nih readers, kalau sampai saat ini kamu masih kesulitan untuk mendapatkan motor tersebut. Kalau kata pepatah "banyak jalan menuju Roma" yang mungkin bisa kamu jajal untuk mendapatkan motor impian, salah satunya adalah dengan jalur modifikasi.

Seperti yang baru saja dilakukan oleh salah satu lapak modifikasi yang berada di kawasan Cinere, Jakarta Selatan. Adalah Central Classic Custom yang baru saja menyelesaikan proyek modifikasi untuk menyulap satu unit Honda GL100 agar terlihat ala-ala Honda CB100. Nolavender sang pemilik bengkel memaparkan bila motor tersebut adalah motor milik konsumennya yang ingin menjadikan GL100 yang dimilikinya menjadi motor klasik yang menyerupai Honda CB100.

“Awalnya sih customer mau modifikasi bergaya retro seperti cafe racer dan lain-lain, tapi kami karena GL100 mesinnya kecil, jadi kurang tepat, jadi enggak mendukung kalau dibuat seperti itu (retro klasik), akhirnya kami menyarankan untuk dibuat ala-ala Honda CB100 saja tanpa menghilangkan kesan klasik seperti yang diinginkan customer. Jadilah ini motor klasik (CB100), dan malah customer-nya puas karena benar-benar klasik jadinya, sama seperti Honda CB,” papar Nola saat dihubungi kumparanOTO.

Honda GL100 sebelum dimodifikasi (Foto: dok. Central Classic Custom)

Untuk melancarkan proyeknya ini, bagian utama yang Nola dan timnya lakukan adalah menyesuaikan bagian rangka dari Honda GL agar memiliki ukuran yang serupa dengan Honda CB. Mengingat, GL100 punya rangka yang lebih panjang, maka para modifikator harus memotong sedikit bagian pangkal jok dekat tangki, lalu dipasangkan lagi sampai ukurannya menyerupai Honda CB.

Setelah bagian rangka sesuai, lanjut ke komponen-komponen pendukung. Soal ini, Nola mengatakan bila hampir setiap bagian-bagian pendukung dari motor ini sama dengan apa yang ada pada motor CB. Dimulai dari bagian kaki-kaki, knalpot, spakbor, tangki, kap mesin, lampu-lampu, jok, setang, spion, dan juga speedometer.

“Rombakannya cukup total, karena motornya benar-benar beda, hanya mesin yang masih dipertahankan. Mostly kami pakai spare part yang sama persis dengan yang Honda CB, tapi bukan original punya APM, ada produk-produk aftermarket yang menyediakan seperti replikanya,” ujarnya.

kzlljmxuw3h4hvjd1nr8n1oyzyebydrnwuk9hdtht7hhz0ztiuos6pohp3ov

Dijelaskan Nola,proses pengerjaan untuk merombak motor ini bisa dikatakan cukup cepat ketimbang motor-motor yang ingin dirombak bergaya retro klasik yang bisa mencapai 2 bulan lamanya.

“Proses pengerjaannya lumayan cepat ya, sekitar tiga minggu-an,” imbuh Nola.

Soal harga, Nola membenamkan harga sekitar Rp 4 juta untuk menyulap Honda GL100 lansiran tahun ’90 ini hingga sampai menyerupai wujud dri Honda CB.

Untuk kamu yang penasaran dan ingin merombak motor kamu menjadi motor-motor klasik, kamu bisa menyambangi lapak Central Classic Custom yang beralamatkan di jalan Bukit Cinere Raya No.58, Gandul, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514.

Mau tahu lebih banyak soal tren modifikasi? Kamu bisa klik tautan ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23