kumparan
9 Apr 2018 14:51 WIB

Bukan Cuma Jokowi, SBY hingga Habibie Juga Pernah Motoran

Jokowi dan Soeharto mengendarai motor. (Foto: Dok. Biro Pers Setpres dan Instagram @soeharto_instagram_fanpage)
Masyarakat Indonesia sepertinya memang punya ketertarikan khusus dengan sepeda motor. Beragam motor klasik dan motor modifikasi bisa kita temukan di garasi-garasi sebagian orang yang memang senang mengkoleksinya.
ADVERTISEMENT
Bahkan sejarah membuktikan kalau empat orang yang pernah menjadi Presiden Indonesia -- termasuk Joko Widodo yang saat ini masih menjabat-- punya cerita dengan sepeda motor yang unik. Unik dalam artian bukan sepeda motor yang umum dimiliki orang-orang.
Tercatat 'Bapak Pembangunan Nasional', Soeharto; 'Bapak Teknologi dan Demokrasi', Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie); dan persiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) punya cerita dengan sepeda motor, khususnya dengan merek Harley Davidson.
Sementara Presiden Jokowi punya satu motor chopper berwarna emas yang merupakan hasil modifikasi dari motor Royal Enfield yang baru saja dia beli akhir tahun 2017 lalu.
Seperti apa motor-motor orang nomor satu di Indonesia ini? Berikut kumparanOTO coba menjabarkan.
1. Soeharto dengan Harley Davidson Softtail Classic
ADVERTISEMENT
Kita mulai dari presiden kedua Indonesia dengan sepeda motor yang kerap dia gunakan untuk membawa rekan-rekannya jalan-jalan. Motor Harley Davidson yang digunakan Pak Harto ini cukup sulit dikenali tipenya. sedikitnya informasi dan hanya berdasar pada foto-foto yang beredar membuat kami perlu menerka-nerka tipe motor ini.
Jusri Pulubuhu, pria yang aktif di komunitas Harley Davidson Indonesia, menjelaskan bahwa motor yang ditunggangi Bapak Pembangunan ini adalah Harley Davidson Softail Classic. Memiliki kode FLSTC, motor yang dipakai Pak Harto ini diproduksi sejak tahun 1986.
Layaknya Motor Harley Davidson lainnya motor ini menggendong mesin V-Twin dengan kapasitas 1.337 cc berpendingin udara. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sampai 67 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 97 Nm pada 2350 rpm.
ADVERTISEMENT
Motor dibangun menggunakan rangka double cradle. Moge ini tampak gagah dengan sokongan ban depan dan belakang ukuran 16 inci.
Selain itu, lampu utama juga burbentuk bulat. Satu lagi hal yang menonjol, Pak Harto juga menambahkan sespan (sidecar) agar motornya ini bisa membawa penumpang lain. Letjen TNI (Purn) Soegiono dan B. J. Habibie adalah beberapa orang yang sempat mencoba duduk di sespan ini.
2. B.J. Habibie Harley Davidson Badboy dan Harley Davidson Softail Springer
Bukan hanya meneruskan tampuk kepresidenan Soeharto, B.J. Habibie rupanya juga melanjutkan hobi 'bermain' moge. Bahkan presiden ketiga Indonesia ini punya dua unit motor Harley Davidson. Yang pertama Harley Davidson Softail Springer tahun 1994 dan Harley Davidson Badboy lansiran 1996. Kedua motor ini dia boyong langsung di Seattle, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Kedua motor ini sama-sama menggunakan mesin V-Twin khas Harley dengan kubikasi 1.338 cc. Hanya saja tenaga yang dihasilkan dan torsi maksimum pada Harley Davidson Badboy lebih unggul dibanding Softail Spinger. Harley Badboy bisa menghasilkan tenaga 57 dk pada 5.000 rpm dan torsi maksimum 97 Nm pada 2.350 rpm. Sedangkan Harley Softail Spinger, tenaga maksimumnya 'hanya' 48 dk pada 4.900 rpm dan torsi maksimumnya 86.3 Nm pada 2.400 Nm.
Loading Instagram...
Namun dibanding motornya itu sendiri, alasan Habibie mulai menggeluti moge lebih menarik. Diceritakan kalau ketertarikannya ini berawal setelah operasi jantung yang kala itu baru saja dia lalui. Dokter menyarankan dia untuk mengendarai motor besar.
Apa alasannya? Rupanya menurut dokter, getaran moge yang besar bisa membantu memulihkan luka bekas jahitan di tubuhnya. Mengikuti saran sang dokter, Habibie kemudian membeli dua unit Harley.
ADVERTISEMENT
3. SBY - Harley Davidson Road Glide Ultra
SBY pernah tertangkap kamera menjajal motor Harley Davidson. Tapi, motor yang dia tunggangi ini bukanlah miliknya. Harley Davidson Road Glide Ultra ini adalah milik salah satu anggota komunitas saat berkunjung ke kediaman SBY di Cikeas.
SBY Naik Motor Harley Milik Komunitas (Foto: Istimewa)
Motor yang satu ini memang punya ukuran yang lebih besar khas motor touring Harley lainnya. Dengan mesin berkapasitas 1.746 cc, motor ini identik dengan dua lampu depannya yang dilindungi batok besar.
4. Jokowi - Royal Enfield Bullet 350, modifikasi chopper
Jokowi dengan Motor Emas di Desa Citarik (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)
Nah, yang paling banyak dibicarakan belakangan ini tentu saja Jokowi dengan motor emasnya yang diberi nama Chopperland. Motor yang satu ini adalah hasi kolaborasi dua bengkel kustom, Elders Garage dan Kickass Chopper. Ceritanya motor ini dibeli Jokowi Oktober 2017 lalu beretepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.
ADVERTISEMENT
Meski begitu baru Minggu (8/4) kemarin Jokowi bisa menjajal motornya ini di jalanan raya, tepatnya di sekitaran daerah Sukabumi. Bukan hanya warna emasnya yang menarik mata, modifikasi total yang dilakukan pada motor ini juga menarik untuk diulik lebih jauh.
Chopperland sendiri mengusung kubikasi mesin 346 cc satu silinder dari motor Royal Enfield Bullet yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 20 daya kuda (dk) pada 5.250 rpm dan torsi maksimalnya mencapai 28 Nm pada 4.000 rpm yang disalurkan pada transmisi manual 5-percepatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan