Pencarian populer

Bukan Sekadar Gaya, Ini Fungsi Stabilizer Setang Pada Motor

Stabilizer setang pada motor Foto: dok. Istimewa
Modifikasi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan sepeda motor. Bagi pemotor yang ingin tunggangannya lebih stabil memasang steering damper atau stabilizer setang.
ADVERTISEMENT
Dijelaskan Eddy Saputra, Director Authorized Ohlins Indonesia, steering damper berfungsi untuk mengontrol kecepatan dan kestabilan setang saat kecepatan tinggi, terutama saat menikung.
“Fungsi utamanya untuk menjaga kestabilan motor agar tetap nyaman di kecepatan tinggi. Jika di MotoGP ketika melahap tikungan, posisi ban pasti akan sedikit terangkat, pada saat itu fungsi steering damper bekerja optimal. Kalau di jalan raya berfungsi untuk menahan bumping dari lubang agar tidak liar,” katanya kepada kumparan.
Stabilizer setang pada motor Foto: dok. Istimewa
Lebih lanjut, tingkat kekerasan pun bisa diatur sesuai dengan karakter mengemudi. Eddy menjelaskan bahwa ukuran piston pada tiap motor tentu berbeda. Sehingga penggunaan spesifikasi dari aksesori ini juga disesuaikan dengan kapasitas mesin motor.
“Kalau enggak sesuai gejala kurang nyaman malah akan muncul pada motor,” lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, pemasangan stabilizer setang ini baru optimal untuk digunakan pada motor dengan kapasitas mesin besar. Meskipun, Eddy tak menampik banyak motor-motor kecil yang menggunakannya dengan alasan estetika.
“Kalau motor harian kan fungsinya dipakai di jalanan ramai saja. Berbeda dengan motor untuk balap yang dipakai menikung di kecepatan tinggi. Tetapi banyak juga motor kecil yang pakai untuk alasan kenyamanan,” bebernya lagi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86