kumparan
14 Des 2018 7:51 WIB

Cara Hidupkan Mesin Ketika Baterai Kunci Keyless Lemah

Start Stop Engine Sokon Glory 580 (Foto: dok. Citra Pulandi/kumparanOTO)
Sejumlah mobil terbaru telah meninggalkan kunci konvensional dan beralih menggunakan fitur keyless. Meski bisa dibilang sebagai barang baru, fitur ini ternyata sudah ditemukan sejak lama.
ADVERTISEMENT
Ya, bila kita menilik sejarah, fungsi menghidupkan mesin kendaraan tanpa memasukkan anak kunci ke rumahnya (keyless) ditemukan pertama kali oleh Siemens pada tahun 1995. Tiga tahun setelahnya, atau tepatnya pada 1998, fitur ini mulai diaplikasikan oleh Mercedes-Benz.
Saat itu, dia menamakan fiturnya sebagai Key-Less Go dan diaplikasikan pada model W220 S-Class. Seiring berjalannya waktu, desain dari fitur ini sendiri dipatenkan oleh Daimler-Benz pada Mei 1997.
Meski terlihat sederhana, menghidupkan mesin mobil menggunakan fungsi keyless ternyata ada prosedurnya.
Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, Nurrahman Adi Saputra, menjelaskan prosedur pengoperasian antara mobil dengan transmisi manual dan matik berbeda.
Pertama, pastikan kunci berada di saku atau dekat dengan jangkau sensor. Kemudian, untuk mobil matik pengguna harus menekan pedal rem sebelum menekan tombol untuk menyalakan mesin --sebutannya tombol start/stop engine.
ADVERTISEMENT
“Sementara buat kendaraan yang transmisinya manual, yang perlu diinjak adalah pedal koplingnya, baru diikuti dengan tombol start,” ujar Nurrahman kepada kumparanOTO, Kamis (13/12).
Baterai lemah
Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, menambahkan fungsi keyless dan tombol start/stop engine bisa saja tidak berfungsi dengan baik ketika kondisi baterai pada remote kunci lemah.
Bila sudah begini, Didi memberikan solusi untuk menempelkan kunci yang ada logonya ditempelkan pada tombol start/stop sampai lampu di tombol menyala hijau. “Setelah itu lakukan prosedur menyalakan seperti biasa,” ujar Didi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan