Pencarian populer

Dua Tahun Lagi Mobil Akan Punya Sistem Keamanan Pemindai Sidik Jari

Ilustrasi pemindai sidik jari untuk mobil (Foto: dok. USA Today)

Teknologi pada fitur kendaraan semakin modern. Kini, banyak pemilik kendaraan yang menikmati teknologi keyless (tanpa anak kunci) ditambah push start stop engine, memungkinkan pemilik menyalakan mesin kendaraan tanpa memutar anak kunci.

Seorang ahli keamanan di Amerika Serikat bahkan memprediksi dalam dua tahun ke depan pabrikan akan menyematkan sistem pemindai sidik jari untuk membuka pintu, juga menyalakan mesin, demikian seperti mengutip USA Today.

"Teknologi pemindai sidik jari akan digunakan di mobil dalam 2 hingga 4 tahun mendatang. Mengidentifikasi pengemudi secara langsung merupakan hal yang revolusioner," jelas Godfrey Cheng, Wakil Presiden Synaptics, perusahaan teknologi antarmuka yang berpusat di Silicon Valley, California

Bukan tanpa alasan hingga akhirnya Cheng memprediksinya. Ini karena teknologi tersebut sudah disematkan pada smartphone ataupun sistem keamanan perbankan yang ditujukan pada nasabah untuk mengambil uang di AS.

com-Fingerprint (Foto: Thinkstock)

Menurut Cheng, sistem keamanan keyless dengan remote masih bisa diakali pencuri, sehingga mau tidak mau pabrikan harus mengusung sistem keamanan yang lebih mutakhir meliputi pemindai retina atau wajah seperti yang ada pada film Mission Impossible guna membuka kunci hingga menyalakan mesin mobil.

Cheng juga menjelaskan bila kendaraan-kendaraan kekinian yang dapat dihidupkan tanpa kunci karena memanfaatkan sinyal yang disebut fob. Hanya saja sinyal fob ini dapat diimitasi dengan mudah lewat perangkat perekam sinyal fob.

Kunci Mercedes Benz GLA 200 AMG Line (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)

Hasil dari perekaman sinyal fob ini adalah serangkaian kode untuk mengakses kendaraan. Sayanganya, tidak ada cara alternatif dari pabrikan untuk menghalau proses perekaman sinyal fob, karena alat perekamnya pun dapat bekerja dengan jarak jauh sekalipun.

Kecuali sinyal fob dikombinasikan dengan sistem pemindai yang susah diretas, sehingga hanya pemiliknya saja yang dapat mengoperasikan mobilnya itu.

"Kami ingin membuat mobil lebih aman. Jadi semacam sistem kemanan bank. Jika Anda dapat meretas sebuah akun bank atau sebuah mobil, bukan kah lebih berharga meretas bank?" tutup Cheng.

Bagaimana menurutmu, apakah teknologi pemindai ini sudah diperlukan untuk kendaraan?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23