kumparan
26 Apr 2019 13:50 WIB

Duo Royal Enfield 650 Twin Mengaspal, Harga di Bawah Rp 200 Juta

Royal Enfield 650 Twin Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Royal Enfield tahun lalu meluncurkan dua model baru yang mengadopsi mesin 650 cc dengan silinder kembar. Keduanya adalah Royal Enfield Interceptor NT dan Continental GT.
ADVERTISEMENT
Delapan bulan sejak dirilis di California, Amerika Serikat, motor baru itu akhirnya mendarat di Indonesia di bawah payung PT Distributor Motor Indonesia (DMI).
Royal Enfield 650 Twin Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Country Manager Royal Enfield Indonesia, Irvino Edwardly, menyebut bahwa peluncuran keduanya sebagai jawaban atas penantian panjang pecinta Royal Enfield yang punya mesin dua-silinder.
"Hari ini merupakan hari spesial karena kami mendatangkan motor yang cukup lama ditunggu-tunggu yaitu Interceptor INT dan Continental GT," jelasnya saat mengenalkan produk barunya di arena JIExpo, Kemayoran, Kamis (25/4).
Untuk Interceptor INT mengusung desain layaknya motor Scrambler sehingga akan cocok untuk dikendarai secara santai. Posisi duduk yang tidak terlalu membungkuk, juga jok yang memanjang, bisa menunjang pengendaraan secara berboncengan.
Model setang dengan stabilizer Royal Enfield Twin 650 Interceptor Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Dimensinya punya panjang 2.122 mm, lebar 789 mm, tinggi 1.165 mm, ketinggian jok 804 mm, serta ground clearance 174 mm.
ADVERTISEMENT
Sementara model yang satunya lagi, Continental GT mengadopsi motor bergaya Cafe Racer. Lihat saja bagian buritan joknya berupa tonjolan yang merepresentasikan sebuah hornet.
Desain jok Royal Enfield Twin 650 Continental GT Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Hanya saja selayaknya Cafe Racer, dia punya setang menyerupai jepit dan posisinya sedikit rendah sehingga posisi badan akan membungkuk. Adapun sebenarnya joknya itu bisa mengakomodir dua penumpang, beda dengan model jok sewaktu kumparan jajal di California yang single seater.
Oh iya dimensinya, panjang 2.122 mm, lebar 744 mm, tinggi 1.024 mm, tinggi jok, 790 mm, serta ground clearance 174 mm.
Royal Enfield Interceptor INT Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Oke lanjut ke spesifikasi dapur pacu, keduanya menggendong mesin berkubikasi 648 cc SOHC 2-silinder yang punya output 47 dk pada 7.250 rpm dan torsi maksimum 52 Nm pada 5.250 rpm melalui transmisi manual 6-percepatan.
ADVERTISEMENT
Sayangnya layaknya moge, keduanya belum dilengkapi dengan double disc brake. Tapi bagusnya sudah disematkan rem ABS dual channel ditambah assist slipper clutch sehingga penggantian gigi bisa lebih lembut.
Ban depan dan single cakram Royal Enfield Interceptor INT Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Harga
Ada tiga varian yang ditawarkan, untuk versi standar, Royal Enfield Interceptor INT punya banderol Rp 184,8 juta dan Continental GT Rp 194,3 juta.
Royal Enfield Twin 650 Interceptor INT dan Continental GT Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sementara versi kustom, masing-masing harganya Rp 186,9 juta dan Rp 188,5 juta. Terakhir untuk varian paling tingginya yakni dengan kosmetika krom berturut-turut punya harga Rp 195,8 dan 197,9 juta dengan status on the road (OTR) Jakarta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan