kumparan
11 Nov 2018 16:21 WIB

Energica EGO: Motor Buas yang Melaju Tanpa Suara

Energica EGO (Foto: dok. Energica)
Pengembangan produk sepeda motor listrik ternyata tak hanya berfokus pada jenis skuter yang menyasar konsumen perkotaan. Energica Motor Company, sebuah perusahaan asal Italia, mencoba melakukan hal-hal yang beda dengan mengembangkan sepeda motor listrik berjenis sport.
ADVERTISEMENT
Tak sembarangan, mereka setidaknya sudah punya tiga model. Salah satu yang paling buas adalah Energica EGO.
Melansir laman resmi perusahaan, motor sport listrik ini dirancang dan dibuat oleh teknisi dan desainer dari kompetisi Formula One Racing to Le Mans 24h. Dalam mengembangkan motor ini, mereka berfokus bagaimana menciptakan sebuah tunggangan yang punya performa di atas rata-rata, tanpa emisi gas buang.
Energica EGO sendiri mengandalkan motor listrik berpendingin oli dengan magnet permanen. Di atas kertas, dia menjanjikan tenaga 145 daya kuda dan torsi 200 Nm.
Energica EGO diklaim sebagai motor listrik buas (Foto: dok. Energica)
Pabrikan mengklaim kemampuan akslerasi Energia Ego ini hanya butuh 3 detik untuk mencapai 100 km/jam dari kondisi diam dengan keecpatan maksimum 240 km/jam.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, performa Energica EGO ini tak lepas dari sebuah formulasi berbasis sistem yang ada di Vehicle Control Unit-nya. Kemudian, dia juga tak punya gir ataupun kopling. Seluruh kinerja motor diatur melalui sistem ride-by-wire yang memungkinan pengendara bisa mengatur bukaan torsi dan melakukan deselerasi dengan mengandalkan sistem regeneratif.
Lebih lanjut, Energi Ego mendapat rem Brembo dan fitur ABS. Tak ketinggalan, panel instrumennya sudah berbasis layar digital dengan bentang 4,3 inci.
Adapun, motor yang telah dijual sejak tahun 2015 ini dibanderol dengan harga 48,4 ribu pound sterling atau setara Rp 900 jutaan.
Spesifikasi Energica EGO
Transmisi: Electric with Neutral and Park assist Sasis: Steel trellis Suspensi: - Depan: 43 mm, adjustable rebound and compression damping, Spring preload - Belakang: Swingarm on mono shock, Adjustable Rebound, Spring Preload Sistem pengereman Brembo - Depan: 2X 330 mm radial discs, 4 pistons caliper - Belakang: Single 240mm disc, 2 pistons caliper Ban Pirelli Diablo Rosso III - Depan : 120/70 Rim 17 - Belakang: 180/55 Rim 17 Wheelbase: 465 mm Dimensi: Panjang 2.140 mm, lebar 870 mm, dan tinggi 1.220 mm Tinggi Jok : 795 mm Berat kosong : 258-280 kg  Jarak tempuh : 128-193 km
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan