kumparan
14 Mar 2019 20:23 WIB

Foto : Daihatsu Ayla Turbo, Mobil Murah yang Bisa Turun ke Sirkuit

Daihatsu Ayla Turbo. Foto: Daihatsu.
Tim Research and Development (R&D) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memodifikasi mobil murah mereka Ayla, berorientasi pada berpeforma tinggi ala-ala mobil balap. Mobil yang kemudian dikenal sebagai Ayla Turbo ini, pertama kali diperkenalkan pada ajang GIIAS 2018 lalu.
ADVERTISEMENT
Ternyata R&D, Daihatsu tak hanya membuat itu untuk pajangan, tapi ternyata bisa benar-benar melesat di area Test Course yang merupakan salah satu fasilitas dari Research and Development (R&D) Center, Karawang. Di atas jalanan seperti mini sirkuit itu, performa Ayla coba dibuktikan.
Modifikasi mesin Ayla Turbo. Foto: Daihatsu.
Perombakannya terbilang signifikan bahkan hingga memakan biaya sampai Rp 500 juta. Tak hanya dari sektor mesin, tapi juga tampilan eksterior, interior hingga kaki-kakinya.
Mesin standar berkode 3NR-VE 1.2L dual VVT-i, mengalami modifikasi signifikan, di mana yang utamanya adalah penyematan turbocharger. Tak hanya itu, sektor piston mengalami revisi dan diganti dengan jenis low compression, untuk menyesuaikan dengan kompresi turbo yang disematkan.
Daihatsu Ayla Turbo dites di trek pengujian milik PT ADM. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Selanjutnya connecting rod/setang piston --menghubungkan piston ke poros engkol-- disesuaikan juga. Tim R&D juga menambahkan injector lagi, buat memenuhi kebutuhan asupan bahan bakar sehingga totalnya menjadi dua. Lalu saluran pembuangan/exhaust sudah bersistem free flow.
Mesin Ayla Turbo. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Oprekan pada sisi mesin itu mendongkrak tenaga mobil kelas bawah Ayla yang tadinya di 86,7 dk pada 6.000rpm menjadi 200dk. Kemudian torsinya sendiri dari 108 Nm pada 4.200rpm, berubah menjadi 242 Nm.
ADVERTISEMENT
Tenaga tersebut, hampir sama dengan kemampuan dari mobil sport Toyota 86 yang dipasarkan di Indonesia, yang tenaganya di 200 PS atau 197 dk, yang dikeluarkan dari mesinnya yang berukuran 1.998cc.
Daihatsu Ayla Turbo. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Tak hanya mesin, sisi eksterior Daihatsu Ayla Turbo juga beraura sporty menyesuaikan dengan mesinnya. Setidaknya ada penambahan aksesori body kit termasuk pada bumper depan, side skirt. Kemudian cat dengan kombinasi merah-hitam juga makin mempertegas tampilannya yang sangar.
Daihatsu Ayla Turbo. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Bagian kaki-kaki juga tak ditinggalkan untuk diubah, mulai dari penggunaan velg 15 inci, cakram baru dengan kaliper AP Racing di bagian depan. Tidak lupa suspensi depan dan belakang juga dibuat lebih rigid untuk meningkatkan stabilitas dan mencegah body roll.
Sektor mesin Daihatsu Ayla Turbo. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Kabinnya sudah tidak bersahabat lagi buat kenyamanan layaknya versi standar. Kursi bawaan ditanggalkan dipasangkan rangka roll bar, untuk memberikan keselamatan lebih buat pengemudinya.
ADVERTISEMENT
“Mobil Daihatsu Ayla ini memenuhi untuk standar regulasi IMI (Ikatan Motor Indonesia). Mobil ini ready untuk kompetisi balap,” ujar Sony Satriya, Executive Coordinator Design Engineering R&D ADM.
Daihatsu Ayla Turbo dites di trek pengujian milik PT ADM. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan