Pencarian populer

Hasil Uji BBM All New Ertiga, Seberapa Irit?

All New Suzuki Ertiga (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
All new Ertiga menjadi salah satu bintang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Bagaimana tidak, model low multi purpose vehicle (LMPV) ini memang sudah lama dinanti. Kehadirannya di JIExpo Kemayoran pun menandai debut globalnya.
ADVERTISEMENT
Hadir dengan sejumlah ubahan, all new Ertiga ini menggendong mesin baru dengan seri K15B berkapasitas 1,5 liter. Dia menggunakan konfigurasi dual overhead camshaft (DOHC) variable valve timing (VVT) yang menawarkan tenaga maksimum 103 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.
Sebagai perbandingan, varian sebelumnya mengusung mesin K14B DOHC berkapasitas 1.373 cc, yang hanya dapat memuntahkan tenaga maksimum sebesar 90 daya kuda (dk) pada putaran 6.000 rpm dan torsi 130 pada putaran 4.000 rpm.
Mesin Seri K15B di all new Ertiga (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
Artinya, all new Ertiga ini mendapat peningkatan daya sebesar 10 dk dan torsi 8 Nm. Lalu, seberapa irit all new Ertiga ini?
Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny W Saputra pun memberikan pemaparan soal hasil konsumen BBM all new Ertiga ini.
ADVERTISEMENT
"Untuk transmisi manual itu kami mencapai 18,09 km/liter untuk transmisi otomatis 16,73 km/liter," kata dia. Donny melanjutkan, hasil ini didapat berdasarkan uji dari pihak ketiga, yakni Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP).
Launching All New Ertiga. (Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan)
Adapun, all new Ertiga yang debut global di IIMS 2018 turut mendapat ubahan di sektor kosmetika. Di mana, mobil ini kini punya headlamp proyektor, grille, bumper, dengan desain baru. Tak luput, lampu belakang juga berubah. Begitu pula dengan beberapa panel body dan velg berdesain baru.
Sementara itu, all new Suzuki Ertiga dipasarkan dalam empat pilihan tipe; GA, GL, GX, GX ESP. Namun sayang, PT SIS hingga saat ini masih menutup rapat harga all new Ertiga tersebut.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81