Pencarian populer

Honda Sodorkan PCX Hybrid, Yamaha Punya Teknologi VVA

Yamaha Aerox 155 VVA (Foto: Gesit Prayogi/kumparan.com)

Empat bulan setelah mengenalkan PCX Hybrid, Honda akhirnya meniagakannya dengan banderol Rp 40,3 juta. Motor hybrid yang dibangun dari model standardnya ini ditujukan pada penggemar high tech-performance seperti dijelaskan Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya.

Yap, bukan untuk mengejar efisiensi bahan bakar, teknologi hybrid-nya untuk menambah tenaga yang diklaim Honda torsinya meningkat 20 hingga 30 persen selayaknya mesin berkapasitas 200 cc.

Menanggapi hal tersebut, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Yordan Satriadi menjelaskan bila Yamaha juga memiliki teknologi mesin yang lebih mumpuni ketimbang embel-embel hybrid yang ada pada PCX.

"Itu hybrid-nya buat apa? nambah tenaga, nambah efisiensi? Sebenarnya kami juga ada lewat mesin VVA (Variable Valve Actuation), dia jauh lebih bertenaga tapi juga efisiensi bahan bakarnya," ujarnya saat ditemui dalam gelaran Yamaha Maxi Day di Magelang, Sabtu (14/7).

Pada materi produk dan penjelasan Manager Marketing PT YIMM, Antonius Widiantoro, teknologi VVA menggunakan 2 camshaft yang berbeda. Ketika putaran mesin rendah, camshaft pertama akan bekerja, selebihnya pada putaran mesin tinggi, camsfhat lainnya akan bekerja lebih optimal karena ECU menyesuaikan putaran mesinnya.

"VVA adalah teknologi mekanis camshaft yang mengatur bukaan katup udara masuk (intake) dan menyesuaikan putaran mesin (baik putaran mesin rendah atau tinggi). Jadi terdapat 2 profil camshaft yang berbeda dan akan bekerja pada 6.000 rpm untuk motor matik dan 7.400 rpm untuk motor sport Yamaha," jelas Anton.

Masih dijelaskan Anton, keunggulan mesin yang sudah mengusung VVA antara lain tarikan awal yang ringan dan responsif karena celah bukaan katup lebih kecil dengan durasi yang cepat, kedua kecepatan puncak mudah dicapai karena bukaan katup yang besar saat putaran mesin tinggi, dan terakhir efisiensi BBM karena konsumsi bensin sesuai dengan pemakaian dan kebutuhan mesin.

Yamaha R15 (Foto: dok. PT YIMM)

Adapun model Yamaha yang sudah mengadopsi mesin VVA adalah Yamaha NMax, Aerox, Lexi dan R15.

Seakan tidak ingin ketinggalan momentum (peluncuran PCX Hybrid), Yordan akan mengadakan bedah mesin VVA Yamaha yang diklaimnya mampu menjanjikan performa yang mumpuni.

"Nanti ya akan saya adakan bedah teknologi mesin VVA Yamaha," tutur Yordan menutup perbincangan sore itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: