Pencarian populer

Infografik: Pertarungan Honda Brio RS vs Suzuki Ignis

Komparasi otomotif (Foto: Bagus Permadi/kumparan)

Pertarungan segmen city car masih didominasi Honda Brio RS dengan debutan Suzuki lewat Suzuki Ignis. Namun kemunculannya di bulan Maret lalu, Suzuki Ignis langsung merebut tahta kuasa mobil segmen city car yang anteng dikuasai Honda Brio RS.

Dilihat dari dimensinya Suzuki Ignis tampak lebih besar juga lebih tinggi. Apalagi ground clearance-nya juga lebih tinggi ketimbang Honda Brio RS yang hanya setinggi 165 mm. Jangan heran bila pemilik Honda Brio sering mengeluhkan ‘gasruk’ akibat rendahnya ground clearance. Soal ban, keduanya sama-sama mengusung profil ban berukuran 15 inch dengan velg alloy yang memiliki desain two tone color untuk Honda Brio RS dan Suzuki Ignis berwarna hitam.

Tidak kalah penting, keduanya sudah dilengkapi dengan spion LED, untuk Suzuki Ignis sudah ditambahkan roof rail dan fender hitam untuk menguatkan kesan crossover, sedangkan Honda Brio RS tanpa roof rail dan fender.

Lanjut sisi depan, keduanya tampil dengan desain yang menawan, apalagi sudah memakai lampu projector yang katanya semakin terlihat elegan. Lantas bagaimana sisi belakangnya? Kebanyakan orang ketika melihat tampilan belakang Suzuki Ignis akan mengerutkan dahinya. Tampangnya yang menawan tidak sebanding dengan belakangnya yang tidak banyak orang suka. Sedangkan Brio, tidak ada ubahnya, masih mengandalkan pintu bagasi berupa kaca yang dibubuhi garnis senada dengan warna body.

Masuk ke interiornya, jelas Suzuki Ignis menang atas kelegaan kabin, karena memang memiliki dimensi yang lebih besar daripada Honda Brio RS. Warna interior Ignis paduan antara warna hitam dan putih yang dilengkapi dengan tampilan yang tidak biasa untuk sebuah city car. Apalagi desain dengan gagang pintu dan model audio touchscreen ala-ala floating. Tidak ketinggalan desain AC digital-nya menyerupai botol minuman yang sangat nyentrik.

Sementara desain interior Honda Brio RS dilabur dengan warna hitam yang terlihat sporty. Tidak ketinggalan desainnya juga merupakan kombinasi sharing platform antara Honda Jazz, Mobilio dan BR-V.

Soal mesin, duo dominasi segmen city car ini sama-sama mengandalkan mesin 1.200 cc 4 silinder. Urusan tenaga, Honda Brio RS dapat diandalkan karena dapat mengeluarkan daya sebesar 88 daya kuda (dk) sedangkan Suzuki Ignis terpaut 5 dk. Namun soal torsi, Suzuki Ignis lebih unggul dengan perolehan 113 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm dan Honda Brio RS 110 Nm pada 4.800 rpm.

Keduanya sama-sama tersedia dalam plihan transmisi 5 manual percepatan dan otomatis. Untuk Honda Brio menggunakan CVT dan Suzuki Ignis mengaplikasikan sistem AGS.

Soal keselamatan, Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD) nampaknya menjadi fitur keselamatan standar pada kedua mobil tersebut, hanya saja minus Brake Assyst (BA) yang biasanya sepaket dengan ABS dan EBD. Kemudian didukung dengan penyematan airbag di sisi depan, juga kursi belakangnya yang sudah ISOFIX. Tidak ketinggalan, seatbelt 3 titik juga sudah ada di tiap baris mobil tersebut.

Mengenai harga, tipe terendah Brio RS dibanderol 163 juta rupiah, sedangkan Suzuki Ignis tipe yang sama dilabeli 141 juta rupiah. Sedangkan untuk varian tertinggi Honda Brio RS CVT Special Edition diniagakan dengan harga 182 juta rupiah dan Suzuki Ignis GX AGS dibanderol 171 juta rupiah, semuanya dalam status on the road (OTR) Jakarta.

Komparasi otomotif (Foto: Bagus Permadi/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: