kumparan
20 Apr 2019 20:49 WIB

Ingat Lagi, Pilih Jaket Riding Sesuaikan dengan Tipe Motor

Posisi berkendara BMW C400X Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Perlengkapan berkendara banyak macamnya, mulai dari komponen yang menutupi kepala sampai ujung kaki.
ADVERTISEMENT
Untuk tubuh, pemotor wajib mengenakan jaket. Selain berguna menghalau angin, debu maupun air saat hujan, jaket motor juga penting buat menjaga suhu tubuh dan melindungi badan dari gesekan bila sewaktu-waktu terjatuh.
Tapi jangan asal pilih jaket. Executive Director RSV Helmet dan Jacket, Richard Ryan menjelaskan, pilih jaket berkendara yang sesuai kebutuhan dan bentuk motor.
Jaket khusus motor. Foto: Aria Pradana/kumparan
"Pada dasarnya desain dan bentuk jaket dibuat untuk keperluan motor itu berbeda-beda," buka Richard saat berbincang dengan kumparan, Sabtu (20/4).
Sambungnya lagi, keperluan riding bisa bermacam-macam. Contohnya untuk motor sport atau tipe touring, desain jaket yang dianjurkan punya karakteristik yang tidak sama.
Contoh kecilnya saja pada motor sport, jaket pada bagian pinggangnya sengaja dibuat lebih pendek atau pas sejajar dengan pinggang, tidak lebih panjang atau pendek. Jadinya gerak badan bisa lebih leluasa ketika menikung.
Pilihan jaket motor Alpinestars Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sementara pada jaket touring dibuat lebih panjang dan punya banyak saku untuk memudahkan penyimpanan berbagai macam peralatan. Fungsi lainnya adalah guna melindungi terpaan angin maupun debu yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk jaket yang digunakan untuk sehari-hari, upayakan punya sistem sirkulasi udara yang baik. Kondisi cuaca yang tidak menentu, apalagi bermacet-macetan di bawah terik matahari, tentunya wajib pakai jaket yang mampu menyegarkan badan.
Kendati demikian, Richard merekomendasikan untuk memilih berbagai macam jaket yang punya protektor. Tidak usah terlalu banyak sehingga menyulitkan gerak badan, cukup pada area tertentu pada dada maupun siku.
'Lebih baik lagi kalau dilengkapi protektor di bagian dada dan tulang belakang, kalau bahan jaketnya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan, ada yang dari kulit, tekstil waterproof atau tekstil mesh,' timpalnya sambil menutup obrolan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan