kumparan
15 Mar 2019 20:30 WIB

Joe Girard, Sales Mobil yang Mampu Menjual 13.000 Unit

Mendiang Joe Girard, sales yang berhasil jual mobil 13.000 unit dalam waktu 15 tahun Foto: dok. joegirard.com
Melakoni pekerjaan sebagai tenaga penjual atau sales, pastinya tidak cukup butuh keberuntungan, tetapi juga kemampuan bersilat lidah yang cakap dan taktik merayu konsumen.
ADVERTISEMENT
Selain itu, banyak juga segudang strategi lain agar aktivitas penjualannya terus moncer.
Seperti yang dilakukan mendiang Joe Girard, seorang wiraniaga mobil merek Chevrolet di Michigan, Amerika Serikat, yang dikenal sebagai sales yang berhasil menjual mobil terbanyak versi Guinness World Record.
Joe Girard, sales yang berhasil jual mobil 13.000 unit dalam waktu 15 tahun Foto: dok. joegirard.com
Bila mengutip Crains Detroit, Girard adalah orang yang berdedikasi tinggi pada pekerjaannya. Bahkan jarang sekali berkomunikasi dengan rekan kerjanya untuk membicarakan hal lain di luar masalah kerjaan.
Sampai-sampai demi menghargai tiap menitnya berharga, Girard selalu makan siang di mejanya, sehingga tidak ada waktu terbuang untuk tetap berjualan.
Girard punya pemikiran kalau pelanggan adalah prioritas utamanya. Cara biar memastikan para pelanggan nyaman dengannya, Girard tidak ragu berkorban mengeluarkan kocek berlebih untuk mentraktir calon pelanggannya minum wine atau makan malam.
Joe Girard, sales yang berhasil jual mobil 13.000 unit dalam waktu 15 tahun Foto: dok. joegirard.com
Langkah lain yang dilakukan adalah cepat tanggap apabila pelanggannya butuh pertolongan soal teknis mobil.
ADVERTISEMENT
Menariknya lagi, Girard juga rutin mengadakan pesta barbekyu tahunan di rumahnya, dan mengundang rekan kerja departemen layanan purna jual dilernya guna memastikan lagi kalau pelanggannya diperlakukan dengan baik.
Rekor penjualan mobil tertinggi
Tak-tiknya itu berbuah manis. Berkali-kali Girard dinobatkan sebagai sales yang menjual mobil paling banyak, tepatnya sepanjang tahun 1963 hingga 1978.
Berdasarkan catatan Detroit Free Press, selama lima belas tahun berniaga, Girard mampu menjual setidaknya 13.001 mobil di Detroit, AS. Bila dirata-rata kan, Girard bisa menjual sekitar 866 mobil setahun atau sebesar 72 mobil selama sebulan.
Joe Girard, sales yang berhasil jual mobil 13.000 unit dalam waktu 15 tahun Foto: dok. joegirard.com
Puncaknya pada tahun 1973, Girard kembali menyabet gelar lainnya karena berhasil menjual 1.425 unit mobil selama satu tahun, atau sekira 118 unit sebulan.
ADVERTISEMENT
Hingga akhirnya pada tahun 2001, Joe Girard masuk ke dalam salah satu daftar Automotive Hall of Fame, penghargaan tingkat tinggi bagi individu yang berkontribusi tinggi pada sejarah otomotif dunia.
Si legenda sales mobil yang sudah tidur selamanya
Pria kelahiran 1 November 1928 yang punya nama lengkap Joseph Sam Girardi itupun mengakhiri karirnya pada usia 49 tahun. Karena reputasinya yang gemilang, Girard menekuni profesi lain sebagai pembicara motivasi dan aktif menulis buku seputar kunci kesuksesan.
Sejumlah buku yang ia tulis pun mengilhami tenaga penjual lain untuk mengikuti caranya. Sampai-sampai pada pertengahan tahun 2017, ada wiraniaga bernama Ali Reda yang mengklaim telah mengalahkan rekor Girard.
Joe Girard, sales yang berhasil jual mobil 13.000 unit dalam waktu 15 tahun Foto: dok. joegirard.com
Sales mobil Chevrolet itu katanya berhasil menjual 1.582 unit mobil selama setahun. Tapi dewi fortuna masih berpihak pada Girard. Guinness World Record enggan mengamini klaim Reda, karena saat itu saham General Motors (GM) bermasalah, terlebih tidak ada pihak ketiga yang objektif dan mampu membuktikan angka penjualan Reda.
ADVERTISEMENT
Dua tahun kemudian pada 28 Februari 2019 di usia 91 tahun, Girard menghembuskan nafas terakhirnya karena kecelakaan di rumahnya. Nyawanya tak tertolong ketika terjatuh dari tangga basement rumahnya. Kepala belakangnya terbentur keras yang menyebabkan trauma di kepalanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan