Pencarian populer

`Jokowi Effect`, Nilai Transaksi dan Pengunjung IIMS 2018 Naik

Jokowi di IIMS 2018. (Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan)

Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 memasuki hari akhir sejak dibuka pada Kamis 19 April lalu. Terhitung sejak pertama dibuka hingga 9 hari pameran berlangsung, total transaksinya mencapai Rp 2,5 triliun dan total pengunjung mencapai 408.352 orang.

Meski belum resmi mencapai target yang direncanakan, masih ada aktivitas selama dua hari terakhir pameran yang belum tercatat, dan diharapkan mampu melampaui target total transaksi Rp 3,3 triliun dan 520 ribu pengunjung.

Project Director IIMS 2018, Hendra Noor Saleh, menjelaskan peningkatan transaksi dan pengunjung ini disebabkan adanya kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pembukaan IIMS edisi 2018.

Presiden Jokowi kunjungi IIMS (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

"Yang pertama pasti berbanding lurus dengan jumlah pengunjung, kedua itu adanya 'Jokowi Effect', ketiga beberapa produk kami ini world premiere (new model) walaupun belum bisa dijual (belum ada harga) orang penasaran akan datang, faktor keempat yakni momennya mendekati puasa dan Lebaran, perilaku konsumen pasti meningkat," ujar Kohen, sapaan akrab Hendra saat ditemui usai penutupan IIMS 2018, Sabtu (28/4) malam.

Lalu bagaimana Jokowi bisa begitu menularkan efek positif di IIMS 2018? Berikut tapak tilasnya.

Usai memberikan sambutan, pada pukul 09.43, Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto langsung bergegas memasuki area hall D menuju booth Honda Prospect Motor untuk melihat langsung Honda Small RS Concept yang disambut oleh Presiden Direktur PT HPM Takehiro Watanabe dan Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM Jonfis Fandy.

Setelahnya, rombongan orang nomor satu di Tanah Air itu mengunjungi booth Toyota pada pukul 9.45 dan Astra Honda Motor dengan langsung menaiki Honda Rebel 500. Presiden Jokowi juga berbincang dengan Executive Vice President AHM Yohanes Loman perihal Honda Gold Wing.

Presiden Jokowi kunjungi IIMS (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Tak sampai di situ, rombongan juga menyempatkan hadir di booth DFSK pukul 9.58 untuk menengok DFSK Glory 580. Setelahnya Jokowi menjajal all new Suzuki Ertiga yang dibelah alias dihilangkan atap dan sisi kirinya, dilanjut mengunjungi booth Mitsubishi yang disambut baik oleh jajaran tinggi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Belum puas dengan kendaraan roda empat, Jokowi plesir ke booth motor custom pukul 10.05, yang mana sudah ada motor chopper emasnya yang terparkir, selain itu Jokowi juga menaiki motor custom putranya Gibran Rakabuming Raka yang bergaya cafe racer.

Presiden Jokowi di IIMS 2018 (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Sebelum melanjutkan perjalanan, Jokowi menyempatkan hadir mencoba duduk di mobil pedesaan dan mobil listrik karya mahasiswa Politeknik Negeri Bandung, Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gajah Mada.

Adapun, IIMS 2018 yang akan berakhir pada hari ini, Minggu 29 April 2018, diramaikan oleh berbagai merek baik roda dua dan roda empat.

Pengunjung di IIMS 2018 (Foto: Helmi Afandi/kumparan)

IIMS 2018 didukung tak kurang dari 18 Agen Pemegang Merek (APM) roda empat, mulai dari brand Jepang, China hingga Eropa. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sejumlah merek sepeda motor juga ikut ambil bagian, yakni Aprilia, Astra Honda Motor, BMW Motorrad, Benelli, Gas Gas, Harley-Davidson, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Motoguzzi, Piaggio-Vespa, Roya Enfield, Suzuki, dan Triumph.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: