Pencarian populer

Jualan Daihatsu Turun 30 Persen di IIMS 2019

Daihatsu di IIMS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengumumkan pencapaian mereka di IIMS 2019, yang turun 30 persen, dibanding tahun 2018.

Secara total mereka selama kurang lebih 10 hari penyelenggaraan pameran, hanya memperoleh sebanyak 399 unit. Di mana pada tahun lalu di angka 600-an unit.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head AI-DSO mengungkapkan, hasil tersebut sesuai dengan kondisi market otomotif roda empat secara keseluruhan, yang angkanya turun di pasar wholesales maupun retail sales.

Daihatsu di IIMS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

“Di 2018 pencapaiannya sekitar 600-an unit, kenapa turun sebanyak itu, karena terkait dengan market, yang turunnya sekitar 13 persen retail dan 12 persen wholesale,” ucap Hendrayadi, beberapa waktu lalu.

Kontributor terbesarnya sendiri Sigra sebanyak 154 unit, diikuti Terios 81 unit, Ayla 54 unit, sementara sisanya dibagi untuk model-model Daihatsu lainnya.

“Tak hanya SPK yang kami catat, tapi juga hot prospect. Sehingga ini yang nantinya kita bisa follow up pada Mei ini. Sehingga kami optimis pencapaian di Mei ini akan lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Daihatsu di IIMS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Realistis

“Daihatsu turun, dan kami selalu menyajikan apa adanya, kami tidak suka membuat pernyataan yang tak sesuai kenyataan. Kami adanya penurunan SPK sampai 30 persen, karena pasar mobil turun, kalau merek lain bilang naik ya hak mereka,” kata Direktur Pemasaran ADM, Ameila Tjandra.

Amelia mengungkapkan, pihaknya tak merasa malu dengan apa yang dicapai. Sebab IIMS itu juga hanya 10 hari dan di satu tempat. Sementara jualan Daihatsu ada di 244 outlet di seluruh indonesia.

“Jadi kalau IIMS itu hanya 10 hari dan 1 outlet, tidak mungkin lah kami ngaku sebesar teman-teman yang lain ngaku. Daihatsu selalu menyatakan kebenaran,” ungkap Amelia.

Nasional, Daihatsu Turun Sedikit

Di tengah penurunan otomotif nasional di angka 11,8 persen untuk retail dan 14,4 persen di wholesales-nya, Daihatsu masih bisa menjaga penurunannya di bawah rata-rata pasar.

Daihatsu di IIMS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Berdasarkan data yang diungkap Daihatsu Indonesia, mereka berhasil mencapai whole sales 66.825 unit atau turun hanya 5,2 persen dibanding tahun yang lalu.

Sementara penjualan dari diler ke konsumen langsung alias retai, sebanyak 60.706 unit, dengan penurunan di angka 6,4 persen.

Tak berbeda jauh dengan hasil IIMS, kontributor terbesarnya untuk retail sales yaitu Sigra 16.860 unit, diikuti Gran Max Pikap 12.065 unit, Xenia 8.650 unit, Terios 8.698 unit, Ayla 8.140 dan sisanya (Luxio, Sirion dan Hi-Max) 1.638 unit.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57