kumparan
18 Apr 2018 12:18 WIB

Klaim Yamaha Lexi Bisa Secepat Nmax, Apa Dasarnya?

Yamaha Lexi (Foto: dok. PT YIMM)
Yamaha cukup percaya diri dengan performa skuter matik (skutik) teranyarnya, Lexi. Mengusung mesin baru 125 cc baru dengan teknologi Blue Core yang didukung Variable Valve Actuation (VVA), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjanjikan Yamaha Lexi tidak hanya nyaman tapi juga punya performa jempolan.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah tayangan video pengujian internal Yamaha, bahkan mereka berani membandingkan skutik 125 cc ini dengan Yamaha Nmax yang notabene menggunakan mesin lebih besar, 155 cc.
Dalam drag race itu diperlihatkan kalau Lexi dan Nmax melaju sejajar sampai jarak tertentu. Terlepas fakta bahwa ini adalah video uji internal—yang pastinya menonjolkan keunggulan produk— rasanya gambaran ini bisa dikatakan cukup hebat untuk ukuran motor ‘beda kelas’.
"Mulai dari titik yang sama, ini Nmax (menunjuk tangan kanan) dan ini Lexi (menunjuk tangan kiri) melaju bersama-sama sampai jarak 100 meter itu masih seimbang. Selepas itu baru Nmax lebih unggul," terang Presiden Direktur PT YIMM, Minoru Morimoto.
Morimoto-san kemudian menjelaskan, hal ini bisa terjadi karena selain punya mesin yang punya tenaga cukup besar untuk kelas 125 cc, Yamaha Lexi juga memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan 'kakaknya' Nmax.
Yamaha NMax 2018 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Berdasar data yang disajikan dalam situs resmi Yamaha, Lexi S memiliki bobot 113 kg sementara Nmax punya bobot 127 kg, wajar mengingat dimensi Yamaha Nmax lebih besar.
ADVERTISEMENT
Bicara tentang akselerasi dan bobot kendaraan rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas power to weight ratio alias perbandingan tenaga terhadap bobot. Data dari laman resmi Yamaha menunjukan kalau Lexi punya tenaga 11,73 daya kuda (dk) dan Nmax punya tenaga 14,88 dk. Berdasar data tersebut didapatkan power to weight ratio Yamaha Lexi sebesar 0,103 dk/kg, sementara Yamaha Nmax lebih besar dengan angka 0,117 dk/kg.
Yamaha Lexi (Foto: dok. PT YIMM)
Yamaha Nmax menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk setiap satu kilogram bobot sepeda motor. Namun karena hanya berselisih sedikit (0,014 kg/dk) perbedaan ini tidak akan langsung terasa dan berdasar uji internal Yamaha, perbedaannya akan terasa selepas jarak 100 m.
Marimoto kemudian juga menegaskan hal ini seharusnya tidak menjadi masalah karena Lexi lebih disiapkan sebagai kendaraan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
"Untuk pemakaian dalam kota rasanya tidak perlu terlalu ngebut juga," tutup dia.
Nah, semoga saja bukan hanya performa kendaraan tapi juga ketenaran Yamaha Lexi yang bisa menyamai Yamaha Nmax.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·