kumparan
20 Mar 2018 18:52 WIB

Komedian dengan 169 Unit Mobil dan 10 Koleksi Paling Mahalnya

Jay Leno (Foto: Wikimedia Commons)
Komedian yang satu ini dikenal dengan koleksi kendaraannya yang mencapai 286 unit. Lebih dari setengahnya, lebih tepatnya 169 unit di antaranya adalah mobil dan sisanya sepeda motor.
ADVERTISEMENT
Pria yang meroketkan namanya saat menjadi pembawa acara televisi legendaris 'The Tonight Show with Jay Leno' ini, bahkan disebut-sebut harus mendesain sendiri garasinya yang berukuran lebih besar daripada kebanyakan rumah orang.
Saking banyaknya koleksi mobil yang dipunyai Jay Leno, garasinya pun sampai punya satu segmen acara televisi sendiri yang sejak tahun 2015 sudah punya 36 episode sampai saat ini.
Tidak berhenti sampai di situ, saat pengembang video game L.A. Noire mencari inspirasi untuk riset kendaraan tahun 1940-an mereka memutuskan untuk mencari informasi ke garasi Jay Leno ketimbang di internet.
Banyak dan uniknya mobil-mobil Jay Leno tentu memiliki harga yang tidak murah. Mengutip dari Money Inc, berikut 10 mobil termahal milik Jay Leno.
ADVERTISEMENT
10. 1966 Oldsmobile Toronado, Rp 2,030 miliar
Video
Salah satu mobil yang dikenal istimewa karena merupakan salah satu mobil tertua yang dibuat di Amerika saat mobil penggerak depan (FWD) masih menjadi tren. Ironisnya mobil ini kemudian dibeli Leno untuk dimodifikasi menjadi menggunakan penggerak roda belakang (RWD). Leno juga memberikan mesin modifikasi yang mampu menghasilkan 1.000 daya kuda (dk) untuk mobil seharga Rp 2 miliar ini.
9. Audi R8 Spider, Rp 2,125 miliar
Audi R8 Spyder (Foto: dok. MANSORY/wikimedia commons)
Harga mahal pada mobil ini bukan sekadar karena tampilan ala sportscar yang sangat kuat pada produk ini. Para pecinta mobil balap pasti tau Audi R8 sebagai salah satu mobil paling cepat di muka bumi. Tidak heran kalau kemudian seorang Jay Leno naksir dan menggelontorkan dana untuk meletakan mobil ini di garasinya. Mobil ini juga sering kali menjadi kendaraan yang dia pakai saat menghadiri acara-acara formal.
ADVERTISEMENT
8. 1909 Stanley Steamer, Rp 2,504 miliar
Video
Mobil yang bisa dipastikan lebih tua dari kamu --atau bahkan orangtua dan kakek-nenek kamu-- ini adalah salah satu mobil antik di garasi Jay Leno. Mobil yang satu ini bahkan masih memanfaatkan tenaga uap untuk dapat melaju. Tidak heran kalau kemudian mobil ini sulit digunakan, perlu sekitar 30 menit untuk mempersiapkan Stanley Steamer untuk dapat berjalan. Unit yang satu ini sendiri sudah direstorasi Jay Leno agar bentuknya sama seperti bentuk aslinya.
7. 1986 Lamborghini Countach, Rp 2,91 miliar
Video
Lampu utama berbentuk mata yang kotak membuat mobil ini sangat identik sebagai mobil tahun 1980-an. Lebih dari itu Lamborghini Countach juga dikenal para pecinta otomotif sebagai mobil impian dengan desain futuristik. Dana hampir Rp 3 miliar yang dikucurkan untuk membeli mobil ini nampaknya tidak sia-sia karena selain masih mampu melaju dengan baik, mobil ini juga cukup sering ia pakai sehari-hari.
ADVERTISEMENT
6. Blastolene Special, Rp 4,738 miliar
Video
Mobil bermuka panjang (alias tank car)adalah produk langka di dunia nyata. Meski begitu tank car pada vidio game Gran Turismo yang tenar itu justru berasal dari mobil milik Jay Leno ini. Mobil ini adalah hasil produksi Blastone bersaudara yang dilengkapi dengan mesin turbo.
5. 1963 Chrysler Turbine, Rp 5,617 miliar
Video
Produk yang satu ini sebenarnya hanyalah berupa purwarupa. Saat didesain mobil ini direncakan dapat memanfaatkan mesin bertenaga turbin. Sayangnya mobil ini tidak pernah dibuat versi produksi massal, alias berakhir di konsep. Yang lebih menyedihkannya lagi dari 55 purwarupa yang dibuat hanya sembilan unit yang tidak dihancurkan. Dan Jay Leno adalah satu di antara dua orang yang memiliki mobil ini secara pribadi.
ADVERTISEMENT
4. 1994 McLaren F1, Rp 13,131 miliar
Video
Satu lagi mobil limited edition yang dimiliki Jay Leno, McLaren F1 yang satu ini hanya ada 106 unit di dunia. Mampu melaju hingga 391 km/jam mobil ini sempat memegang rekor mobil tercepat di dunia. Selain kecepatan dan modelnya yang eksotis, McLaren F1 juga menawarkan sensasi berkendara ala pebalap sirkuit karena menawarkan posisi duduk di tengah-tangah mobil.
3. 2014 McLaren P1, Rp 18,275 miliar
Video
Mobil dengan harga luar biasa mahal terbaru yang dibeli Jay Leno adalah McLaren P1. Dibuat hanya sebanyak 375 unit di dunia mobil ini bisa dilabeli gelar ultimate sportscar. Gelar ini tidak lepas dari kemampuannya yang bisa melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam tiga detik, hal yang sangat luar biasa mengingat McLaren P1 adalah mobil listrik. Selain itu desain mobil ini juga bisa dikatakan sangat memesona.
ADVERTISEMENT
2. 1955 Mercedes-Benz 300SL Gullwing Coupe, Rp 24,367 miliar
Video
Mobil ini adalah salah satu mahakarya restorasi dari Jay Leno. Bukan hanya modelnya yang unik, mobil ini juga dapat berfungsi layaknya mobil baru. Tidak heran kalau harga pada mobil ini jauh lebih mahal ketimbang saat pertama kali dibeli Leno.
1. Ecojet, Tidak ternilai
Video
General Motors (GM) memberi penghargaan sangat besar pada Jay Leno, melalui kolaborasi mereka membuat sebuah mobil yang diberi nama EcoJet. Mobil ini dibuat dengan berbasis 1963 Chrysler Turbine (yang sudah sebelumnya dibahas di daftar ini). Sama seperti Chrysler Turbine, motor ini juga tidak menggunakan mesin berbahan bakar bensin, bio-Diesel adalah pilihan yang diambil EcoJet.
Mobil yang hanya ada satu-satunya di dunia ini didesain langsung oleh Jay Leno dan para teknisi di garasinya. Lalu GM memproduksi satu-satunya unit mobil ini dan memberinya kepada Jay Leno. Karena merupakan produk yang dibuat secara khusus dan tidak ada duanya, rasanya mobil ini lebih berharga daripada mobil mana pun, paling tidak bagi Jay Leno.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan