kumparan
29 Agu 2018 8:28 WIB

Kuota Suzuki Jimny untuk Tahun Ini Sudah Ludes

Mobil Jimny keluaran terbaru, di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (3/8) (Foto: Alfons Hartanto/kumparan)
Pamor Suzuki Jimny generasi terbaru seakan terus meroket. Melakoni debutnya pada awal bulan Juli lalu, peminatnya semakin bertambah.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, meskipun hanya dipamerkan dalam gelaran (Gaikindo Indonesia International Auto Show) GIIAS edisi 2018, peminatnya sudah mencapai ribuan orang.
Sementara di negara asalnya, total kuota 15 ribu unit yang dipersiapkan untuk tahun ini sudah ludes dalam waktu satu bulan sejak dibuka kran pemesanannya pada saat peluncurannya, demikian seperti mengutip Indianautosblog.
Untuk memenuhi pasar domestik yang terus membludak, fasilitas produksi Suzuki di Kota Kosai, Jepang mempertimbangkan untuk meningkatkan produksi, hanya saja hal itu dilakukan pada tahun depan.
Suzuki menilai, apabila terlalu terburu-buru menambah kuota produksi Jimny hingga akhir tahun, dikhawatirkan permintaan menurun setelah momentum peluncuran. Ini berarti bagi calon pembeli yang tidak termasuk kuota harus menunggu sampai tahun depan hingga produksi dibuka kembali.
Suzuki Jimny (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Suzuki Jimny generasi keempat ini tersedia dalam 2 pilihan, Jimny standard dan Sierra, yang mana versi Sierra ini memiliki dimensi yang lebih besar dan lebar akibat penyematan fender tebal untuk mendongkrak model SUV-nya.
ADVERTISEMENT
Bedanya dengan Jimny standard yang mengusung mesin 600 cc 3 silinder berturbo dengan tenaga 63 dk dan torsi 96 Nm, Jimny Sierra mengandalkan konfigurasi mesin yang sama dengan all new Ertiga berkode K15B bertenaga 100 dk dan torsi 130 Nm.
Tenaganya itu ditransfer pada pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan (AT). Selebihnya distribusi tenaganya langsung diteruskan pada penggerak semua roda atau biasa disebut all-wheel drive (AWD).
Video
Tidak sembarang AWD, Suzuki menerapkan sistem AWD parsial yang artinya sistem penggeraknya itu dapat diatur atau dinonaktifkan lewat tuas low range transfer gear dengan 3 modus berkendara; 2WD high gear (2H), 4WD high gear (4H), dan 4WD low gear (4L).
ADVERTISEMENT
Untuk membuatnya lebih atraktif dan menarik perhatian, Suzuki Jimny tersedia 8 pilihan warna termasuk Kinetic Yellow dan Jungle Green yang menjadi hero color Suzuki Jimny teranyar ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan