Pencarian populer

Melihat Persebaran Mobil Mewah di Jakarta yang Mengemplang Pajak

Pajak Kendaraan Mewah DKI (Foto: Chandra Dyah Ayuningtyas/kumparan)

Kejar-kejaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan para wajib pajak kendaraan mewah masih terus berlanjut. Jumat (12/1) kemarin dia mengumumkan 744 kendaraan pribadi dengan NKJB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) di atas Rp 1 miliar yang belum membayar pajak di DKI Jakarta.

Padahal nilai pajak dari kendaraan-kendaraan itu dapat mencapai Rp 26,1 miliar. Angka yang fantastis tentunya.

Meski begitu rasanya kita tidak perlu kaget karena isu serupa juga pernah ditemukan oleh beberapa artis lokal.

Fakta ini makin menunjukkan bahwa masih banyak konsumen mobil mewah yang enggan membayar pajak. Mereka kemudian mengakalinya dengan mendatangkan kendaraan kelas atas ini dengan status off the road alias tanpa biaya administratif.

kumparan pun sempat mendapat keterangan dari narasumber anonim yang sudah makan asam garam dalam jual-beli mobil mewah.

"Alasannya mungkin untuk hobi. Mobilnya kan jarang dipakai, paling sebulan sekali aja tidak tentu makanya lebih enak penjual kendaraan mewah jual unit secara off the road," sebut dia kala itu.

Tidak heran juga kalau kemudian mobil-mobil mewah ini cenderung turun ke aspal beramai-ramai. Sehingga tidak sedikit dari pemilik mobil mewah ini yang kemudian tergabung dalam komunitas.

"Meskipun sekarang tidak seperti dulu, sudah banyak juga yang sadar dan memilih beli dan langsung meminta diuruskan surat-suratnya," tambah sumber kami ini.

Anies pun bergerak dan mengajak pemilik kendaraan mewah ini untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor hingga Desember 2017 ini.

"Jadi saya mengimbau kepada semuanya dan bagi yang sekarang ini belum bayar segera bayar. Kita umumkan kemarin hari Jumat supaya Senin bisa segera bayar. Malu kalau mobilnya mewah tapi enggak bayar pajak," kata Anies di Kedoya, Jakarta Barat, Minggu (14/1).

Yang cukup unik total ada 24 merek kendaraan yang 'menghiasi' daftar ini. Mulai dari nama-nama besar seperti Lamborghini, Ferrari, dan Rolls Royce hingga merek yang mungkin asing seperti Morgan hingga Zele.

Untuk merangkumnya kumparan telah menyusun infografik untuk melihat persebaran mobil mewah yang belum membayar pajak di DKI Jakarta ini,

Pajak Kendaraan Mewah DKI (Foto: Chandra Dyah Ayuningtyas/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23